Tiger 10.4.10 on my Compaq

Setelah berulang kali mengalami kegagalan dan ada masalah dengan selalu muncul com.apple.boot.plist error pada saat booting, akhirnya saya berhasil juga membenamkan Tiger 10.4.10 ke dalam Compaq Presario V3000.

\"Tiger

OSX-86, Tiger 10.4.10

Basi memang karena banyak rekan yang sudah berhasil memasang Tiger versi sebelumnya kedalam V3000.

Agaknya boot disk OSX86 Tiger 10.4.10 yang saya dapatkan ini sudah cukup handal, ditandai dengan cara installasi yang mudah dan tidak ribet, bahkan menurut saya, sama persis sama dengan cara menginstallasi Microsoft Windows XP.

Dari mulai booting DVD sampai dengan installasi selesai, memakan waktu tidak sampai 15 menit. Agak lama karena disambi main game Jumper di PS-2.

Notebook Compaq Presario V3000 dengan ram hanya 512MB ternyata mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang menarik milik Apple.
Walaupun begitu, ternyata masih terdapat kendala yang menurut saya sangat mengganggu, yaitu wireless ethernet dan sound driver tidak dapat bekerja. Sementara itu koneksi melalui ethernet dan bluetooth dapat berjalan dengan sempurna. Setidaknya saya dapat terkoneksi ke jaringan internet melalui layanan HSDPA atau melalui jaringan internet di kantor.

\"Tiger

Berikutnya tentu saja harus mengutak-atik agar suara dapat berfungsi dengan benar.
Sementara itu, sampai hari ini belum ada berita yang menyebutkan bahwa module Intel Pro/Wireless 3945ABG dapat berfungsi di OSX86. Sebagian besar pemerhati OSX86 bahkan menyebutnya dengan mission impossible project.

Menjalankan aplikasi-aplikasi Machintosh di notebook Compaq sebenarnya membuat sebuah kesenangan tersendiri buat saya, karena akhirnya Apple (baca: Steve Job) harus menerima kenyataan bahwa sistem yang mereka bangun di platform Intel Core2Duo tidak menjadi sesuatu yang eksklusif lagi.
Tetapi tanpa kemampuan melakukan sambungan internet nirkabel dan tidak ada suara yang keluar dari sound card module tentu saja sedikit mengurangi kesenangan yang ada.

Saya memang bukan type orang yang sangat mendalami IT, hanya kulit luarnya saja. Bermain-main dengan OSX86 bagi saya hanya sekedar untuk iseng belaka, tujuannya agar selalu update dan tidak terlalu telmi terhadap dunia IT.
Sementara itu untuk menjalankan aplikasi-aplikasi Mac, tentu saja harus menggunakan MacBook agar seluruh fungsi dapat dinikmati dengan sempurna dan katanya lebih gaya.

Related Posts

17 thoughts on “Tiger 10.4.10 on my Compaq

  1. kalo dimasukin ke acer susah ga ya?? bagi pliss.. tigernya 😀

    Menurut specnya yang ada di DVD, harus Intel Core2Duo SSE2 dan tidak support SATA-II

  2. angan2 saya pengen punya Macbook 🙂
    Mas Hedwig, bagi dong tigernya, pengen jajal, mumpung suami lagi ngak pake laptopnya….he…he…

    Hedwig?: bole-bole

  3. kalo core2duo udah..
    nah yang sata-II ini yang bikin mumed 😀 berarti ga bisa ya.. btw boleh minta ga tigernya 😀

    Hedwig?: Menurut spesifikasinya memang “tidak akrab” dengan SATA-II, tambahkan disk SATA aja. CD boleh koq dishare.. asal bukan untuk dikomersialain 🙂

  4. wah mas bisa ya..
    boleh tuh mas tigernya di share, thx klo bersedia

    dan sekalian caranya atw tutorialnya gtu…
    thx banget

    tapi klo di acer 4520 yang AMD turion 64 X2 bisa ga ya ??

    Hedwig?: Kebetulan yang saya punya untuk Intel Core2Duo saja

  5. Win…blh dong minta tlg tutorialnya hehehe soalnya tau sendiri kan gw gaptek bgt urusan ini & ud beli CD OSX86 tetep aja gagal 🙁
    Plissss Helep…..

    Hedwig?: Kalo masih tetep gak bisa, mungkin memang perlu beli MacBook sekalian, gak usah pusing-pusing, keluarin dari doos, langsung bisa pake Tiger atau Leopard sekalian he he he.
    Nanti ta copy in deh, mudah-mudahan bisa membantu… tepi usulan untuk beli MacBook … serius lho 😀

  6. Saya juga pake V3000, upgraded RAM jadi 2 GB, install OSX Leopard and sperti biasa… no sound…

    sebel…

    masih belum ada solusi ya?? agaknya mulai nyerah pake OSX…

    Hedwig?: Lho kalo nyerah sama OSX86 ya tinggal ganti V3000 nya dengan MacBook 🙂
    V3000 ku sekarang tinggal air-port (kronis) dan card-reader yang gak nyala, sisanya sudah berfungsi dengan baik.

  7. Mas,bedanya SATA II sama SATA apa? Sy msh belajar nih. Oh ya,dmana sy bs pinjem Instalan TIGERnya…

    Hedwig?: Sejauh yang saya tahu, SATA-II memiliki buffer to ATA Host sebesar 300 MBPS sementara SATA hanya 150 MBPS, Mungkin ini yang berpengaruh di hackintosh

  8. Oh ya,sy dpt info katanya AMD turion X2,bs pake Zephirot,kira2 troublenya apa ya? Soalnya sy pake Acer 4520 Ram 1,5 Gb HD dah ganti Fujitsu 120 Gb.

    Hedwig?: Terus terang belum pernah coba, tapi di insanelymac.com sepertinya sudah ada yang berhasil mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *