Pilih Handphone dan Internet Browser

Kata orang-orang pintar, handphone saat ini sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup. Tetapi banyak orang hanya menggunakan handphone sebagai sebuah sarana komunikasi telepon dan SMS, masih sedikit orang yang memanfaatkan handphone sebagai sarana penunjang yang mobile.

By the way, baswey.. apakah ada orang yang memilih handphone karena kebiasaan dari penggunaan internet browser yang selama ini digunakan di desktop atau notebook
Saya mungkin salah satu orang yang tidak peduli dengan internet browser di handphone, sampai pada hari ini saat tabungan sudah cukup untuk menambah handphone.

Hari gini masih saja ada orang yang masih mati-matian (karena masih dianggap belum cukup secure)menggunakan Microsoft Internet Explorer. Mungkin orang-orang seperti ini cocok jika menggunakan jenis handphone atau smartphone berbasis sistem operasi Windows Mobile.
Jenis smartphone yang menggunakan OS Windows Mobile antara lain: HTC Tynt II, Dopod 838 Pro, O2 XDA Flame dan BenQ P50. Smartphone jenis ini dapat menjalankan Internet Explorer Mobile sebagai default browser.

Sementara bagi orang-orang yang masih ingin menggunakan browser Opera dapat menggunakan handphone dengan sistem operasi Symbian 60. Jenis ini adalah jenis yang paling populer di pasaran karena banyak digunakan oleh Nokia dan Sony-Ericsson.
Opera Mini dan Opera Mobile (versi yang lebih advance dari mini) dapat diunduh kemudian dipasang di handphone Nokia Nseries, Nokia Eseries, Sony-Ericsson P910, W880 atau W950.

Safari, browser andalan MacOS juga tidak mau kalah untuk berkiprah di Mobile Devices, melalui iPhone. Bagi saya iPhone masih terlalu dini, belum teruji khususnya di jaringan di Indonesia yang dibangun oleh banyak vendor. Lagipula iPhone adalah versi AT&T dan tidak tersedia untuk jaringan 3G (hari gini gak pake triji!).

Sementara ada lagi Blackberry. Sebenarnya pernah ingin mencoba menggunakan handset Blackberry saat indosat mengenalkan layanan push-email beberapa tahun yang lalu. Cuma karena sebelumnya tidak pernah bersentuhan dengan aplikasi ini, otomatis membuat saya menjadi tidak tertarik.
Handset yang beredar saat ini antara lain: Blackberry 8800 dan 8820.

Perangkat PalmOS pertama yang saya beli adalah Palm III, masih hitam putih dengan memory 4MB. Pada era akhir 90an hanya saya gunakan untuk bermain games dan menyimpan email (karena masih belum benar-benar tersambung ke internet). Saat ini sudah berkembang dengan bagus, contohnya Treo 750v dan Treo 650 SE. Tapi buat saya benda ini sudah tidak menarik lagi.

Browser andalan saya adalah firefox. Walau masih sangat terbatas, ternyata Mozilla telah mengembangkan mobile browser bernama minimo. Minimo saat ini \”hanya\” jalan di handset dengan sistem operasi Windows Mobile.
Minimo sebenarnya sudah dilengkapi dengan kebutuhan untuk bekerja di jaringan internet, seperti dukungan akan javascript dan AJAX, tab browser, RSS Support, Advance security serta mendukung widget dan extention untuk membuat mobile browser lebih kaya fasilitas lagi.

Jadi sekarang, saya sepertinya harus beralih dari Nokia ke Windows Mobile Handset. Sebuah pilihan yang buat saya sebenarnya susah, ujung-ujungnya, bisa jadi malah enggak jadi beli handhone anyar.

Related Posts

3 thoughts on “Pilih Handphone dan Internet Browser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *