Merbabu via Suwanting

“The world reveals itself to those who travel on foot.”

Gunung Merbabu selalu menjadi tempat yang menurutku tidak pernah bosan untuk dinikmati. Hamparan megahnya sabana di puncaknya dan pemandangan indah pegunungan dan danau di Jawa Tengah membuat saya selalu kepingin kembali ke Merbabu.

Tracking Gunung Merbabu kali ini melalui Jalur Suwanting. Jalur yang berada di sisi Barat Gunung Merbabu ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Jika cuaca cerah, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro akan tampak jelas seperti menemani pendaki memulai pendakian. Di tengah perjalanan, kita akan ditemani megahnya Gunung Merapi di sisi kanan jalur.

Menuju Suwanting

Basecamp Suwanting berada di Desa Suwanting (1350 mdpl), Banyuroto Sawangan, Kabupaten Magelang. Lokasi basecamp bisa dicapai dengan kendaraan roda 4 dan roda 2. Banyak open-trip yang menawarkan pendakian melalui jalur ini.

Jalur Suwanting memiliki 3 Pos selain Gerbang dan Sabana. Pendaki dapat menggelar tenda di setiap pos, dan Pos 3 adalah sebuah dataran luas yang dapat menampung banyak tenda. Pengelola melarang pendaki untuk mendirikan tenda setelah Pos 3 karena medan yang miring dan berpotensi diterpa angin bahkan badai.

Untuk mencapai Pos 3 akan ditempuh sejauh 3400 meter dengan gain elevasi berkisar 1600 meter, sebuah jalur pendakian yang cukup menantang. Bagi pendaki pemula, mungkin perlu sedikit latihan sebelum menjajal jalur ini.

Puncak Suwanting (3105 mdpl) saat cerah, memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah, Selanjutnya kita dapat melanjutkan ke Puncak Trianggulasi (3139 mdpl) dan Puncak Kentengsongo (3142 mdpl).

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *