Iklan Rokok di Cirebon

Kejadian ini sebenarnya sudah terjadi sekitar 2 tahun yang lampau, tepatnya sekitar bulan Maret 2006 lalu.

Saya bersama teman-teman Railfans sedang berkunjung ke Stasion Cirebon untuk melihat kondisi dari lokomotif CC200 yang menjadi salah satu mascot para Railfans.

Kami kebetulan menginap di sana dan saat pagi hari, seperti biasa Railfans menyempatkan diri berwisata kulinerdi sekitar Stasion Cirebon. Saya dan beberapa Railfans memilih sebuah warung persis di depan Stasion untuk menikmati Breakfast ala Railfans. Seperti biasa kami tidak pernah bosan untuk ngobrol seputar kereta api, tetapi pagi itu obrolan kami rada melenceng sedikit setelah melihat sebuah gambar kalender yang menempel di dinding warung makan itu.

\"\"

Gambar di iklan itu memang membuat kami tertawa.

Saya adalah orang yang sangat tidak ahli dalam dunia advertising, tetapi melihat gambar iklan seperti itu, terus terang membuat saya tertawa terbahak-bahak. Pesan apa yang hendak disampaikan oleh iklan rokok tersebut?.

Saya sempat mengira-ngira, jika orang menghisap rokok yang diiklankan, mungkin akan mendapatkan sebuah kekuatan sehingga dapat menggaet cewek cantik.
Sementara rekan railfans yang lain memiliki pendapat, jika menghisap rokok Marta (terus terang, merek rokok ini tidak pernah terdengar sebelumnya, setidaknya oleh saya), maka seluruh cewek akan terlihat menjadi cantik.
Malah ada railfans yang berkata, bahwa semuanya kalah oleh cowok yang ada di dalam gambar, karena dia bisa dapat menggaet cewek cantik, sementara kebanyakan railfans masih pada jomblo.

Mungkin ini adalah obrolan para railfans yang paling menarik selain obrolan tentang kereta api, apalagi setelah para railfans lain turut bergabung, masuk ke dalam warung dan mulai ikut memberikan analisa, walau kebanyakan asal-asalan.

Seorang railfans yang cukup lekat dengan dunia periklanan, memberikan sebuah pendapat yang cukup masuk di akal. Sebuah iklan dibuat untuk dapat diterima oleh segmen pasarnya. Mungkin segmen yang dibidik oleh iklan ini adalah untuk para pecandu rokok kelas menengah ke bawah, sehingga iklan ini seolah berpesan bahwa mendapatkan cewek cantik tidak harus berada di kelas atas, atau mungkin jika ingin dianggap berkelas, merokoklah rokok itu.

Sarapan kami pagi itu memang menjadi sangat nikmat. Obrolan mengenai gambar iklan memang menaikan cita rasa makanan di sana. Mungkin si ibu penjual makanan memang sengaja menempatkan gambar iklan itu di warungnya, agar para pengunjung dapat makan sambil menertawakan gambar itu tanpa sadar terus memesan makanan atau mengambil gorengan yang dihidangkan, soale seingat saya, pagi itu saya menghabiskan tempe goreng lebih dari 5 potong, tambah nasi putih dan dua kali meminum es teh tawar.

Related Posts

30 thoughts on “Iklan Rokok di Cirebon

  1. hihihi… kreatif juga yang membuat iklan itu ya. menarik dan bagus juga isinya. tapi, untuk tempe goreng, nambah nasi, dan es teh.. kayaknya mas hedwigus emang hobi ya?! hehehe..

  2. Hehehe…berhasil juga tuh iklan ditempel di warung.
    Makan jadi enak, belanja banyak, setelah 2 tahun berlalu masih diingat terus oleh customer.

    Sukses deh untuk iklan rokoknya atau ibu yang punya warungnya?

  3. aahhahaa… sumpah bukan ngejek. tp itu siy ga cocok jd iklan rokok. liat aja iklan2 rokok di tv….
    klo gambar itu cocoknya iklan minyak urut gt deh… kekekekeee

  4. Wakakakaka
    Kok itu cowok mau dijadian model iklannya?
    kan sama saja dengan menurunkan harkat dan martabat lelaki dong?
    Tapi saya sepakat dengan pendapat yang terakhir, kalau iklan rokok ini untuk kalangan menengah kebawah. Atau jangan2 dia lagi yang buat iklannya?

  5. ah, jangan ngomongin iklan rokok. pamali. bagaimanapun juga rokok adalah bentuk kebudayaan manusia yang paling bodoh. ngapain memasukkan racun ke dalam tubuh sendiri? apalagi harus membayar…

  6. Hoh… ??? ๐Ÿ˜ฏ
    Ane sampe harus berfikir keras, apa isi pesan iklan ini. Kebetulan ane kagak ngarti bahasa Cirebon, “Rasae Seger Apamaning Sepiring Loroan”…

    Tapi, kreatif dah… :mrgreen:

  7. itu editan yah? udah pernah denger rokok kraton dalem? lodjie? banyak kok rokok yang kecil-kecil gitu. murah, dan rasanya gak enak hehehe

    kalendernya asli koq, gak diedit ๐Ÿ™‚

  8. Wah, sayangnya tulisan paling atas dan juga paling bawah terpotong. Padahal kalau tidak di-crop bisa saja memiliki arti yang berbeda.

    bener juga ya, saya photo aslinya juga tidak full satu kalender

  9. SEBUAH CITA RASA KHAS CIREBONAN HANYA WARGA CIREBON DAN SEKITARNYA YANG DAPAT MENANGKAP PESAN MAKNA YANG TERSEMBUNYI SECARA CANTIK DAN CERDAS………………………………………HANYA MEREKA…!!!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *