0

Mobile Communication

Tahun 1998 adalah tahun pertama kali saya memiliki cellphone sendiri. Sebelumnya saya hanya sempat mengikuti perkembangan awal teknologi telepon selular tanpa memiliki sebuah handsetpun (kecuali ada satu sesi dimana saya harus bekerja secara mobile saat itu dan diberikan sebuah GSM Handphone yang masih sebesar batu bata).

Nomor pertama yang saya miliki adalah nomor prabayar dari operator Satelindo bernama Mentari. Saat itu harga nomor perdananya saja masih diatas Rp.200.000,- dan hanya dapat diisi ulang dengan voucher senilai minimal Rp.100.000,-.
Saat itu tarif komunikasipun masih sangat tinggi dan komunikasi SMS hanya dapat dilakukan hanya didalam satu jaringan operator saja. Selain itu, tarif percakapan masih memperhitungkan jarak dan dikenakan tarif roaming saat saya bepergian keluar Jabotabek.

Di masa itu, saya sering mematikan handphone jika berpergian keluar kota.

Kendala komunikasi di saat itu juga masih cukup besar, salah satunya adalah BTS yang dipasang oleh operator selular hanya terbatas di daerah-daerah dengan densitas penduduk yang tinggi.

Jadi pada saat itu, memiliki sebuah handphone mesti mengeluarkan extra cost setiap bulannya karena masih sangat mahal.

Masa Sekarang

Setelah lebih dari 10 Tahun, teknologi telpon selular berkembang sangat pesat. Tidak hanya di sisi pelanggan, para operator telepon selularpun berlomba-lomba memberikan berbagai macam layanan serta kemudahan dalam bekomunikasi.

Indosat salah satunya. Saya mengenal perusahaan ini sudah cukup lama. Siapa yang tidak kenal dengan operator Satelit dan penyedia jasa Sambungan Langsung Internasional (SLI) pertama di Indonesia. Indosat juga sempat mengakuisisi Satelindo untuk memperbesar jaringan usahanya di bidang telekomunikasi selular.

Kita mengenal mereka memiliki layanan selular GSM, yaitu Mentari (pra bayar), IM3 (pra bayar), Matrix (pasca bayar). Indosat juga memiliki layanan selular CDMA melalui Star One (pra dan pasca bayar).

Untuk lebih memberikan layanan lebih kepada para pelanggan setianya, Indosat saat ini meluncurkan layanan Indosat Mobile. Sebuah layanan yang disediakan di Kartu Indosat untuk para pelanggannya untuk memenuhi kebutuhan telepon, SMS dan data.
Saat ini, dimana teknologi perangkat (handphone) sudah semakin canggih, kebutuhan atas komunikasi suara (telpon), SMS (text) dan Internet (data) adalah hal yang harus dapat dipenuhi oleh penyedia jasa (operator) telekomunikasi selular. Ketiga model telekomunikasi saat ini sudah terhubung erat dan menjadi kebutuhan semua orang. Apabila satu layanan tersebut dihilangkan, pelanggan akan berpindah ke operator selular lain yang menyediakannya.

Pemilihan waktu paketpun juga menjadi salah satu prasyarat suksesnya layanan ini. Indosat Mobile menyediakan paket layanan untuk berlangganan harian, mingguan dan bulanan. Pelanggan diberikan keleluasaan yang luas untuk dapat memilih paket yang juga disesuaikan dengan kemampuannya. Jadi tidak ada lagi istilah seorang pelanggan yang membayar lebih besar daripada apa yang diterima dari sebuah layanan. Pelanggan dapat menentukan sendiri.

Kemudahan lain yang dapat dinikmati oleh pelanggan adalah layanan yang dapat digunakan oleh beragam kartu. Hal ini juga telah dipenuhi oleh Indosat Mobile yang dapat digunakan baik di kartu pra bayar maupun kartu paska bayar. Selain itu, Indosat Mobile juga dapat digunakan oleh para pengguna Blackberry baik pelanggan full service, maupun pelanggan Blackberry regular (BIS).

Kunci sukses yang terakhir adalah cara melakukan aktivasi layanan yang diinginkan. Indosat Mobile menyediakan single number melalui teknologi USSD (Unstructured Supplementary Service Data) dan SMS, yaitu 888. Menu-menu layanan yang ditampilkan juga cukup sederhana sehingga memudahkan pengguna awam untuk dapat mengaktivasi layanan yang diinginkan.

Mobile Communication

Jika lebih dari 10 tahun yang lalu, saya hanya dapat menggunakan handphone hanya untuk bertelpon. Saat ini, saya selalu terhubung dengan jaringan internet dimana saja dan kapan saja hanya melalui handphone. Dengan layanan-layanan yang terintegrasi dari operator selular saat ini, semua itu dapat dilakukan dengan mudahnya.

Selamat Berkomunikasi.

Hedwigus

Tinggalkan pesan kamu