1

Membuat Foto Star Trail

Sejak lama, saya selalu bercita-cita untuk membuat foto star-trail. Apasih foto star-trail?.

Foto Startrail adalah teknik pengambilan foto benda langit dengan membuka rana kamera secara terus menerus, istilahnya “bulb”. ?Hasil foto akan berupa garis-garis terang karena gerakan rotasi bumi terhadap benda-benda angkas tersebut. ?Tetapi diera photography digital, teknik bulb menurut saya tidak cocok digunakan untuk mengabadikan foto star-trail, karena bagi saya, sensor kamera digital tidak sebaik film negatif untuk menangkap keindahan alam yang ada.

Tetapi jangan “galau” dulu, foto startrail tetap dapat dibuat dengan membuat multiple exposure photo dan dengan bantuan freeware Startrail (link download dapat dilihat diakhir tulisan ini).

Untuk membuat foto, saya menggunakan lensa 16mm (wide), atau jika tidak tersedia, lensa kit masih tetap dapat digunakan. Kamera saya set di rana 30 detik dan dengan diafragma F7. Tujuannya agar cahaya yang masuk cukup untuk membuat gambar yang cerah tetapi dengan garis-garis yang tegas.
Focal-length saya buat dalam mode manual diposisi infinity.

Membuat foto seperti ini, membutuhkan udara yang cerah tanpa awan atau kabut dan diusahakan berada di lokasi yang sedikit atau tanpa cahaya. Saya membuat di teras rumah saya di lantai 2 dengan memadamkan lampu teras dan lampu jalan.

Arah object juga akan menentukan hasil dari foto Startrail yang akan dibuat. Saya kebetulan bertempat tinggal di Kota Depok (Jawa Barat). Di beberapa malam dalam satu tahun, saya masih berkesempatan mendapatkan udara malam dengan langit yang bersih, ditambah lagi di Depok (khususnya daerah saya tingga) sering mengalami mati listrik dengan durasi yang cukup panjang di malam hari. Kondisi seperti ini membuat langit malam menjadi lebih cerah dan cukup baik untuk mengabadikan foto Startrail.
Arahkan kamera anda kearah Selatan atau Utara, maka anda akan mendapatkan foto Startrail dengan jalur melingkar. Jika diarahkan tegak lurus keatas, makan akan mendapatkan foto Startrail dengan garis-garis lurus seperti hujan meteor.

Usahakan untuk menangkap sedikit bagian pohon atau rumah atau benda apa saja sebagai foreground sehingga dapat membuat foto Startrail menjadi lebih natural.

Latar depan sebuah pohon. Lokasi bintang di belahan Selatan

Peralatan

Untuk membuat foto Startrail, gunakan tripod yang cukup kuat agar tidak ada getaran kecil yang dapat mengganggu hasil foto. Gunakan juga remote shutter release, usahakan menggunakan wireless untuk menghindari kamera tidak sengaja tergeser karena kabel romote tersangkut.
Siapkan lampu senter kecil untuk membaca parameter di lensa selain untuk menjadi penerangan disekitar lokasi pemotretan. Tempat duduk atau tiker untuk alas duduk sambil menunggu proses pemotretan.
Dan yang tidak boleh dilupakan, siapkan minuman hangat dan makanan kecil, karena proses pengambilan gambar ini dapat berlangsung sampai beberapa jam.

Siapkan juga obat nyamuk gosok agar tidak diganggu nyamuk

Trik

Karena saya menggunakan kamera DSLR untuk mengambil gambar secara berkesinambungan, maka diusahakan jeda antar gambar/frame tidak lebih dari 3 detik. Tujuannya agar tidak ada ruang kosong antar frame akibat terlalu lama mengambil jeda.
Saya membuat setidaknya 120 frame dalam satu posisi. Ini lamanya kira-kira 1 jam lebih sedikit.

Saya menggunakan format JPEG dengan resolusi tertinggi untuk membuat rangkaian foto ini. Hal ini untuk memudahkan saat melakukan export ke Aplikasi Startrail.

Menghadap arah Timur

Proses Penyambungan

Setelah dirasa cukup, frame-frame yang dihasilkan didownload ke PC untuk kemudian dilakukan proses penyambungan. Aplikasi yang saya gunakan cukup mudah, hanya memasukan foto secara berurutan, dan aplikasi yang akan menyambungkan semua.

Kadangkala saat pengambilan foto sedang berlangsung, muncul cahaya kilat di langit yang akan mengganggu seluruh proses pembuatan. Saya melakukan koreksi pada gambar yang mengalami gangguan dengan mengatur ulang nilai “Level” agar seragam dengan frame lainnya.

Setelah seluruh frame yang ada dirasa telah sesuai dan secara kualitas seragam, maka proses penggabungkan dapat dilakukan. Waktu penggambungan tergantung dari ukuran foto yang dibuat dan kemampuan komputer yang digunakan. Normalnya dengan ukuran foto 10 Megapixels dengan 120 frame akan memakan waktu sekitar 10 menit.

Setelah foto berhasil digabungkan, maka akan muncul gambar Startrail. Anda dapat menggunakan image editor untuk membuat gambar lebih dramatis lagi.

Selamat mencoba

Menghadap arah Selatan dengan sedikit awan mendung

—————————————————-

Aplikasi Startrail dapat didapatkan disini

Hedwigus