0

Warna Hardisk

Hari ini kebetulan saya berkesempatan pergi ke Mangga Dua untuk membeli hardisk. Media player saya yang dilengkapi hardisk 500 GBytes ternyata sudah cukup sesak dijejali dengan files film-film HD.

Di toko computer, ternyata saya tidak hanya ditanya mengenai kapasitas hardisk, tetapi ditanya juga warna hardisk yang saya inginkan. Kaget juga saat ditanya warna hardisk, awalnya saya pikir saya ditawarkan warna cashing hardisk yang saya inginkan.
Saya sampaikan ke si penjual, bahwa saya mencari hardisk internal dan tidak perduli dengan warnanya, karena toh berada didalam computer cashing.

Ternyata eh ternyata, warna hardisk disini adalah menunjukan jenis performance hardisk. Dan bukan warna cashing ternyata.

Hard DiskArti warna untukhardisk internal:

1. Biru (Blue): Low Performance

Jenis hardisk ini digunakan untuk komputer desktop untuk penggunaan biasa (normal) sehari-hari.

2. Hijau (Green): Low Performance

Sebenarnya jenis ini sama dengan jenis hardisk yang berkode warna biru, hanya lebih ditambah embel-embel eco friendly :).

3. Merah (Red): Medium Performance

Hardiks berkode warna ini didesain untuk penggunaan sebagai NAS (Network Attached Storage)

3. Hitam (Black): High Performance

Sesuai dengan keterangannya, jenis hardisk ini memiliki performance yang lebih baik dibanding yang berkode Biru dan Hijau. Biasanya digunakan untuk laptop atau untuk high-perfomance desktop (untuk desain grafis misalnya)

Untuk harga, warna hijau adalah yang termurah dan warna hitam adalah yang termahal. Untuk garansi, wana hijau dan biru biasanya digaransi 2 tahun, sementara warna hitam digaransi selama 5 tahun.

Hari ini, saya memilih hardisk 2TBytes Green untuk menyimpan koleksi files film karena murah.

Hedwigus

Tinggalkan pesan kamu