3

Wacom Bamboo Fun

wacom_01 copyKebetulan baru mendapt gadget baru. Yang jelas barang elektronik, tetapi bukan barang telekomunikasi. Saat ini, gadget baru yang datang adalah Wacom Bamboo Fun.

Lho koq, mau jadi pelukis ?

Menggambar adalah salah satu kegemaran sejak dulu. Buku pelajaran sejak SD sampek bangku kuliah selalu dipenuhi dengan gambar. Apa saja yang ada didalam benakku saat itu langsung digambar. Tetapi nanti dulu, saya bukan pelukis atau tukang gambar ulung, biasanya yang saya gambar cuma patern kotak, lingkaran, lonjong, bintang dan sebagainya.

Kebiasaan ini terus berlangsung sampai saat ini, buku catatan pekerjaanku juga dipenuhi dengan gambar. Kadang didalam sebuah meeting yang membosankan, tanganku secara reflek mencoret-coret buku catatan sambil kadang mendengarkan materi meeting yang sedang berlangsung.

Wacom

Sampai suatu waktu, saya tiba-tiba berpikir untuk mendapatkan tablet?digitizer. Langsung saja meluncur ke Jeng Google untuk mencari benda tersebut. Ternyata di Jakarta cukup banyak vendor yang menawarkan benda ini, sampai akhirnya memilih satu vendor di kawasan Gajah Mada Plaza, karena banyak desingner yang merujuk ke sana untuk memperolehnya.

Hari Sabtu, dimana banyak orang menikmati liburan akhir pekan, saya menikmatinya dengan berhangat-hangatan di kantor. Singkatnya setelah bekerja setengah hari, langsung menuju Gajah Mada Plaza menumpang Busway.
Setelah melihat berbagai macam bentuk yang ditawarkan, pilihan jatu ke Wacom Bamboo Fun CTH-661. Selain keluaran baru, ukurannya juga tidak terlalu kecil.

Bamboo Fun CTH-661 Pen and Touch.

Type ini adalah type entry-level yang ditujukan untuk pengguna pemula. Biasanya designer memilih type Intuos atau yang lebih canggih lagi, Wacom Cintiq.

Karena saya masih pemula dan bukan designer, Bamboo Fun saya rasa sudah cukup untuk menyalurkan keisengan saya mencoret-coret.
Bamboo Fun CTH-661 sudah dilengkapi dengan sensor yang selain dapat membaca pena, dapat juga sebagai multi-touch input layaknya touch-pad nya MacBook. Mulai dari double click, drag, scroll, click kanan dan seluruh fungsi mouse dapat diambil alih oleh gadget ini.
Sensornyapun juga memiliki fungsi Pressure Sensitive untuk pena dan penghapus, hampir menyamai menggunakan pensil konvensional.
Ukuran tablet ini adalah 337 x 223 mm dan area menggambarnya berukuran 217 x 137 mm, hampir menyamai ukuran kertas A4.
Tanpa power tambahan, hanya disupply melalui port USB 2.0, Wacom Bamboo Fun sudah dapat digunakan untuk menggambar di Adobe Photoshop Elements dan Corel Painter Essentials yang disertakan secara gratis didalam paket ini.

Menggambar

Apabila biasanya menggambar mencoret-coret menggunakan pensil. Perlu dibiasakan untuk menggunakan pena diatas tablet ini. ?Mata dan tangan pada awalnya seperti tidak sinkron, karena gambar akan muncul di layar monitor bukannya di atas tablet.
Saya perlu seharian untuk membiasakan menggambar dengan cara seperti ini,

Lama-lama setelah terbiasa, ternyata mengaksikan juga menggambar dengan gadget ini. Dengan bantuan software pengolah grafis yang ada, saya dapat mencoret-coret tanpa perlu takut kehabisan isi pencil dan cat warna.

wacom_02 copy

Hedwigus

3 Comments

  1. Mo nanya donk, klo menggambar dan mengaplikasikan warna nya pake tool ap sie?? baru beli kemaren tapi bingung makenya ni, haha, gambar2 diatas ntu diwarnain dan digambarnya pakai ap, kak?? mohon bantuannya soalnya ni penting banget buat tugas saia……. T________T

    Hedwig?: Saya pake Adobe Photosop CS3

  2. halo……
    Mau tanya donk, waktu mas beli harganya berapa tuh……….
    Enaknya beli dimana ya, yang murah taapi dapat dipercaya……………….
    Putus asa nich, cari dimana mana adanya yang ukuran a6

    Hedwig?: Saya beli di Jaya Baru Computer, Gajah Mada Plasa, Lantai 3A lokasinya mojok. Harganya 1.7jt an kalo gak salah. Tokonya cukup bersahabat koq untuk diskusi sebelum beli. Saat kesana, banyak koq yang sedang nyari-nyari gadget ini.

Tinggalkan pesan kamu