6

System Informasi ala kereta api

Hampir setiap hari, saya menggunakan jasa angkutan masal kereta api untuk membawa saya dari Depok ke tengah hiruk pikuknya kota Jakarta. Stasion Depok (DP) selalu menjadi tempat awal saya menghabiskan hari-hari sibuk di Jakarta.

Tidak dapat dipungkiri lagi, Kereta api dalam hal ini Kereta Listrik (KRL) adalah moda transportasi yang paling ideal bagi seorang komuter seperti saya. Perjalanan Depok sampai Gambir (GMR) dapat ditempuh kurang dari 1 Jam saja, bahkan pada waktu-waktu tertentu hanya membutuhkan waktu 30 menit saja sudah tiba ditengah-tengah Ibukota Jakarta.

Kebetulan saya adalah pengguna Kereta Listrik Express AC atau biasa disebut Depok Express dan memiliki nama panggilan yang cukup keren, DEPEX!.

 

KRL AC Express

KRL AC Express - Gambar milik www.semboyan35.com

Pagi ini, saya hanya selisih beberapa detik saja dengan KA275. Begitu tiba di Stasion Depok, Depex jam 08:00 WIB baru saja berangkat. Saya hanya sempat memandangi ‘buntut’ KRL perlahan meninggalkan Stasion Depok.

Pilihannya berikutnya adalah menggunakan KA 303 alias KRL Bojong Gede Express (JOGEDX!) yang memiliki jadual singgah di Stasion Depok pukuk 08:15 WIB, walau sering kali terlambat lebih dari 20 menit.

Pagi ini setelah menunggu lebih dari 20 menit dan tidak ada tanda-tanda kedatangan rangkaian, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan KRL Depok Express jurusan Tanah Abang (KA 279) untuk mengantar saya ke Jakarta.
Hal ini saya lakukan, karena ada seorang teman di facebook yang mengupdate statusnya dengan informasi telah terjadi gangguan di lintas Manggarai – Gambir akibat ada lokomotif diesel yang mogok.

Informasi Kereta Api

Stasion Depok tidak mengumumkan adanya gangguan tersebut, hanya menyebutkan bahwa pagi ini akan banyak keterlambatan untuk rangkaian KRL termasuk salah satunya KRL Bojong Gede Express, karena rangkaiannya masih tertahan di Stasion Gambir. Sementara pengguna KRL Ekonomi jurusan Bogor hanya mendapat informasi bahwa rangkaiannya masih tertahan di Stasion Cikini dan belum dapat melewati Manggarai untuk meneruskan ke arah Bogor.

Informasi mengenai adanya gangguan lokomotif yang mogok baru terdengar setelah rangkaian KRL Depok Express Tanah Abang hendak melakukan persiapan berangkat.

Sepertinya PTKA melalui anak perusahannya PTKCJ terkesan enggan untuk mengumumkan keterlambatan rangkaian akibat adanya gangguan di lintas kereta api.

Seingat saya, beberapa waktu sebelumya, saat terjadi kecelakaan kereta api yang melibatkan KRL Ekonomi yang menabrak KRL AC Depok Express di daerah Manggarai pada tanggal 5 Juni 2009 lalu. Seingat saya, pihak stasion hanya menyebutkan ada gangguan pada LAA (Listrik Aliran Atas) sehingga banyak KRL akan mengalami keterlambatan.

Sekali lagi, informasi adanya PL (Peristiwa Luarbiasa) malah saya peroleh dari facebook dan semboyan35.com. Akhirnya fungsi informasi di stasion masih kalah cepat dengan social media.

Menurut saya, informasi oleh PPKA/PUK di stasion akan sangat berguna bagi para pengguna angkutan Kereta Api. Apabila ada gangguan, maka dengan diumumkan, penumpang dapat segera beralih ke moda transportasi lainnya. Sehingga penumpang tidak menumpuk di stasion ditengah ketidakpastian keberangkatan atau kedatangan rangkaian kereta api.

Mungkin saja penyampaian informasi harus melalui sedikit birokrasi karena menyangkut image perusahaan. Dan jika demikian, maka proses di birokrasinya yang harus dipersingkat.

Sangat ideal apabila pengumuman tentang gangguan disertai juga dengan estimasi waktu perbaikan. Sebuah hal yang sulit tetapi tetap dapat mungkin dilakukan.

Banyak penumpang KRL yang setiap hari harus berdesak-desakan di rangkaian ekonomi panas maupun ekonomi AC. Bahkan juga tidak jarang penumpang berdesak-desakan di rangkaian KRL AC Express. Penumpang selalu setiap menunggu di stasion untuk dapat diangkut oleh KRL. Pelanggan setia ini mestinya dihargai bukan saja karena membeli karcis sesuai tariff, tetapi penumpang juga berhak memperoleh informasi mengenai kepastian setiap perjalanan rangkaian kereta api.

Di sisi lain, penumpang KRL juga sangat membantu dalam menghemat konsumsi BBN dan mengurangi beban jalan raya dari kemacetan. Dengan itu, operator kereta api dan pengelola stasion mestinya dapat menyampaikan informasi sebaik dan seakurat mungkin karena saya percaya, itu semua adalah bagian dari layanan.

Jangan kalah sama facebook dan twitter.

————————————–

Jadual KRL Depok Express

Depok Express tujuan Jakarta Kota singgah di Gondangdia, Gambir dan Juanda. Berangkat Depok pukul:

  • 06:30 WIB (KA 261) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 07:12 WIB (KA 265) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 08:00 WIB (KA 269) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 08:40 WIB (KA 275) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 10:04 WIB (KA 277) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 15:32 WIB (KA 281) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 16:13 WIB (KA 287) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 16:24 WIB (KA 289) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 17:07 WIB (KA 293) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.

Depok Express tujuan Tanah Abang singgah di Sudirman (Dukuh Atas). Berangkat Depok pukul:

  • 06:35 WIB (KA 263) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 07:46 WIB (KA 267) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 08:25 WIB (KA 273) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 16:11 WIB (KA 285) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 16:36 WIB (KA 291) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 17:57 WIB (KA 295) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.

Jadual KRL Express AC yang singgah di Depok

Pakuan Express / Bogor Express, singgah di Depok pukul:

  • 11:40 WIB (KA 225)
  • 12:42 WIB (KA 229)
  • 13:41 WIB (KA 231)

Bojong Gede Express, singgah di Depok pukul:

  • 08:15 WIB (KA 303) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.

Jadual KRL Depok Express dari Jakarta Kota tujuan akhir Depok

KRL Express AC tujuan Depok singgah di Juanda, Gambir dan Gondangdia.

  • 07:00 WIB (KA 260) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 07:49 WIB (KA 268) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 08:20 WIB (KA 270) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 08:25 WIB (KA 274) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 09:00 WIB (KA 278) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 16:24 WIB (KA 284) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 17:11 WIB (KA 286) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 17:55 WIB (KA 288) – Hari Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 18:54 WIB (KA 290) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.

KRL Express AC tujuan Depok singgah di Sudirman (Dukuh Atas).

  • 07:18 WIB (KA 264) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 08:25 WIB (KA 272) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.
  • 09:00 WIB (KA 276) – Hari Sabtu, Minggu/Raya, rangkaian diliburkan.

Hedwigus

6 Comments

  1. Saya dan rekan saya sedang menyusun tugas akhir tentang sistem informasi seperti yang mas Hedwigus usulkan.. tapi kami agak ragu bisa menembus birokrasi DAOP 8 SB. Gimana ya mas? bisa bantu informasikan kami harus datang ke bagian apa di DAOP? apakah cukup di humas atau harus sampe ke Ka DAOP?

    Hedwig?: Setahu saya apabila ada keperluan untuk menyusun tugas akhir, PTKA (Persero) biasanya cukup terbuka. Birokrasinya cukup sampai KADAOP dan di-cc-khan ke KAHUMASDA saja. Buat proposalnya saja, yang penting isi proposal menunjukan bahwa tugas akhir itu akan membawa kemajuan buat operasional PTKA (Persero).

  2. IJAZAH PALSU

    Banyak sekali diantara kita semua yang terjebak dalam lubang pengangguran.
    Menyedihkan memang ketika kita berulang kali keluar masuk dari satu perusahaan keperusahaan lain namun hasilnya tepap sama,DITOLAK!!!.
    Mungkin juga diantara kita berfikir kenapa untuk menempuh jenjang pendidikan yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,bahkan cenderung makin menjerat.
    Sedangkan untuk memperolah pekerjaan yang layak baik di instansi pemerintah maupun perusahaan swasta selalu disyaratkan: MINIMAL D3 atau S1.
    Salah siapa?!
    Apakah anda ingin berubah?
    Atau ingin selalu dijajah?

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MELAMAR KERJA/MELANJUTKAN KULIAH/KENAIKAN JABATAN?!?!

    -SMU:3.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DIKOPERTIS, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE:arief_gagah@yahoo.com

    BERMINAT?

    HUB: 085736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya.

    TERIMAKASIH

  3. uhm mw nanya hr mgu PJKA manggarai buka ga yak??soalnya saya mw cari buku ttg sistem kelistrikan kereta api..dmana ya bs dapetinnya

    Hedwig?: Btw, sekarang namanya bukan PJKA lagi. Tetapi sudah menjadi PT.KA (Persero) dari sebelumnya PT.KAI dan sebelumnya adalah PJKA.
    PJKA Manggarai, maksute Balai Yasa Manggarai ?
    Jika iya, mereka hanya buka dari Senin – Jum’at, karena disitu khan kantor seperti layaknya kantor lainnya. Mending pas hari kerja saja.

  4. 1. Staf PTKA atau KCJ terlalu berkonsetrasi pada tugas pokok mereka berdasarkan prosedur perusahaan. Misal: PPKA fokus untuk memberangkatkan KA saja.

    2. PTKA dan KCJ tidak merancang prosedur yang ramah bagi klien/penumpang, semisal keterlambatan, gangguan.

    3. Alur informasi secara internal PTKA dan KCJ mungkin terbatasi oleh divisi masing-masing. Sehingga informasi dari satu divisi ke divisi yang lain tidak tersampaikan.

    4. Setiap staf lapangan idealnya memiliki akses informasi yang cukup luas untuk bisa menunaikan tugasnya dengan baik. Misalnya staf yg mengumumkan keterlambatan/posisi KA terlambat idealnya punya akses informasi untuk mengecek ke Kantor Pusat, PK, stasiun sebelum dan sesudah, dan masinis. Belum tentu PTKA/KCJ menyediakan fasilitas yg memadai untuk hal ini.

    Social networking memang powerful. Gunanya ya memang untuk melaporkan langsung dari TKP. Barangkali saat itu staf PTKA/KCJ masih sibuk untuk menjalankan prosedur darurat/mengamankan aset dsb.

    Hedwig?: Terima kasih kang atas tambahan penjelasan. Sepertinya tugas kahumas mesti dibantu dengan team yang solid dengan jumlah yang cukup

  5. blognya keren banget 🙂
    boleh juga share cerita lucu seputar krl atau poto2 lucu ke edisikrl.com

    atau bisa tweet dengan hashtag #edisiKRL
    follow us at @edisiKRL

    thanks hedwigus

Tinggalkan pesan kamu