38

Sony Ericsson Xperia? X1

Setelah sekian lama menggunakan sistem operasi Symbian UIQ, akhirnya Sony Ericsson meluncurkan sebuah produk yang berbasis pada Windows Mobile.
Experia X1, gadget baru dari Sony Ericsson yang siap diluncurkan dalam 1 bulan kedepan (setidaknya di Amerika Serikat) sebagai sebuah smart phone dengan beragam keunggulannya.

Berbentuk candy-bar dengan keyboard Qwerty yang tersembunyi di belakang layar, Xperia X1 memiliki tebal hanya 17.3 Milimeter dengan berat kurang lebih 150 Gram. Layar touchscreen yang cukup lebar dengan ukuran 3 inch memiliki resolusi 800 x 480 pixels. Untuk ukuran layar, Xperia X1 memiliki luas layar lebih lebar daripada Apple iPhone.

Sebagai sebuah Smart Phone (kalo saya mengatakan mobile computer), Xperia X1 sudah mendukung jaringan cepat GSM alias HSDPA 7.2. Selain itu penggunanya juga dapat mengakses internet melalui perangkat Wi-Fi yang sudah dibenamkan di gadget ini. Aplikasi-aplikasi bisnis yang biasa digunakan di Smart Phone dapat berjalan dengan cukup mulus pada Xperia X1, hal ini berkat prosessor ARM11 520-Mhz yand menjalankan sistem operasi Windows Mobile 6.

Ukuran Xperia X1 yang ramping, tidak membuat penggunanya kesulitan dalam mengakses menu-menu yang ada. Sony Ericsson mengenalkan design Experia Panels, yaitu penempatan tombol navigasi yang mudah diakses dan cukup besar sehingga tidak menyulitkan saat ditekan. Selain itu, opsi touchscreen pada layar yang lebar juga akan membuat gadget ini dapat menampilkan informasi yang lebih detail lagi.

Untuk urusan multimedia, Sony Ericsson Xperia X1 memiliki keunggulan tersendiri. Kamera 3.2 Megapixels yang ada dapat digunakan untuk membuat film berkualitas DVD. Selain itu dilengkapi juga dengan MP3 Player dan FM Radio Receiver yang dapat digunakan juga melalui Stereo Bluetooth, membuat penggunanya tidak direpotkan dengan kabel-kabel.

harga per Januari 2009, Rp 8.500.000,- (Jabotabek)

————————

Gambar milik Sony Ericsson

Hedwigus

38 Comments

  1. bukannya panjenengan nokia mania?

    Healaaahhh mass… aku ini sih tergantung yang mbayar aja ha ha ha … tenang aja.. sebentar lagi nulis Nokia lagi koq

  2. Keren banget deh…
    Apalagi resolusinya sangat tinggi untuk ukuran sebuah ponsel. BTW, baterainya awet ngga ya? Semoga saja harganya tidak mahal sehingga bisa kebeli. Hehehe…

    Salam.

  3. good posting men ….
    iya nih… harganya berapa …
    eh ya…. produk ini ada kekurangannya gak ….?

    Kekurangannya hampir tidak ada, kecepatan akses ke setiap aplikasi tidak secepat produk sebelumnya, tetapi sepertinya tidak berdampak buruk terlalu besar

  4. pilih mana jika bandingin dengan nokia E90?

    NOKIA E90 memang enak digunakan untuk aktivitas di internet seperti blogging dan messaging. Fiture yang sama ada di Xperia.
    Harapan saya, agar Sony Ericsson lebih memperhatikan masalah SMS yang rada lemot di handset seri mereka. Sementara untuk push-mail, Sony Ericsson jauh mengungguli Nokia

  5. Duh……bagus bener nih hape. dah masuk ke Indonesia blm yah? kayanya sih belom deh… mungkin bisa 5 tahun lagi nih 🙂

    Ha ha ha, gak selama itu lah, Xperia masuk duluan di Amerika, model bisnisnya sama seperti iPhone dari Apple. Mudah-mudahan kwartal ketiga 2008 sudah ada di pasaran.
    Lagipula, biar di Amerika duluan aja yang ngerasain bug-bug nya, semetara di Indonesia nanti setelah ada versi yang bug-free

  6. Wah kyanya nokia hrs mulai nyerah deh mengakui keperkasaan se..coz n96 aja masih kalah jauh dibandingin nih hp.apalagi ntar klo keluar p5i.

  7. thk ya dah mapir di blog saya..
    itu sonyerricson baru saja saya dapat informasinya dari koran pagi ini..eh numu lagi di blog ini..jadi tambah keinginan untuk beli ..heheh

  8. nokia ga mungkin nyerah…n96 cuman lanjutin gaya n95 aja tuch… Buat lwn e90 aja xperia blm tao menang…
    Nanti nokia akan meluncurkan N98.

  9. udah dech.. NOKIA nyerah aja, drpd sibuk ngejar target penjualan, ehh.. ujung2nya yg keluar produk gagal. xixixi…

    Hedwig?: Berita terbaru dari SonyEricsson, Xperia X1 ternyata untuk diproduksi untuk menghadang gempuran iPhone.

  10. halah.. seri N cuma malah bikin bingung. padahal fiturnya yg itu-itu aja. makanya kalo ngeluarin produk jgn setengah hati alias setengah-setengah.

    (duhh.. nokia aku kpn kelarnya ya? dah hampir 2bulan nginep di nokia servis center, janjinya sich 2hari kelar).

    Ya gitulah Nokia, wong RS MMC rusak aja bisa nunggu sampek 3 bulan 🙂

  11. Nice design, tapi sepertinya harganya diatas 7/8jt. Konsumen akan lebih mempertimbangkan PDAphone yang sudah ada di pasaran seperti )2, HTc dll..

    Hedwig?: ada benarnya juga. Tetapi di balik itu, Soner juga pasti telah membidik pengguna setianya untuk dapat upgrade ke jenis ini.

  12. Ngeri jg ya sliding he2.. saya paling anti pake sliding, flip dan sebangsanya.. Tapi kalau harganya dah 2,… pasti saya beli hehe..

  13. aduh aduh ribut melulu. baca ya… Sony Ericsson – XPERIA? X1 ini udah pake layar sentuh khan ngga usah cape-cape nulis di keyboardnya lagee… kaya HP tempo doeloe adja. Udah gitu pake windows mobile 6 wuiihhh. Udah deh ambil SE yang ini aja deh. nokia N series mah ngga bagus suaranya aja pecah & kecil masih kalah jauh ama SE terutama ama yang Walkman. Kalo emang seneng dengerin musik ambil aja yang Walkman, trus kalo mau pake berbisnis yang ini yang cocok. jangan nyari nokia dah sering hang, mana harus pake ngeluarin batere lagi capeee dehhh.

  14. mana lebih unggul O2 xda atom exec dengan soner
    Xeperia 1 ?………….

    Hedwig?: Saya megang X1

  15. Jah gw selama ini slalu punya pengalaman buruk dgn produk soner…rentetannya lemotnya soner di tangan gw dimulai dari:
    1. Soner R600..baru beli 1,2 jt…1 minggu pake batrei drop….
    2. soner T610..beli 2,5 jt sempat pake 3 bulan lalu dijual lg…sinyal super lemot…
    3. soner K608..beli 1,2 jt..otak atik dikit layar blank…
    ……jeda 2 thn ga pake soner.
    4. soner K800..beli 3,2 jt..cm pake 5 bln..dijual coz joystik nya eror, lemot, ketik sms respon sgt lambat…payah..
    5. soner w880….beli 2,4 jt….1 minggu pake speaker jebol….akhirnya jual obral ke tmn.
    6. skrg stop beli soner…tp kalo dikasih sih oke2 aja.

    Nah berapa byk duit udah keluar beli soner tp mudah rusak/trouble hehe……

  16. buat jojo,
    beli soner di mana..? jangan2 beli di pasar loak..
    punya gw oke2 aja tuh..

  17. ada yang tau ga ya kapan soner x1 kluar,,, pengen banget nih gue,,, hehe,,, masih lama ga ya? soalnya hp yang lama udah rusak harus bli yg baru,,, =p

  18. weleh…weleh…
    kayaknya harganya gak dibawah 7 jutaan deh soalnya bagusan dari P1 (ingat gak waktu P1 keluar pertama kali….harganya 6 jt an khan…)

  19. wah inilah orang indonesia asli kalao ada duit pasti omangannya berubah yang merah bisa jadi putih atau sebaliknya hitam jadi putih…hehheeh

    Hedwig?: Jika maksut bung Hans bahwa saya dibayar oleh sony ericson untuk menulis ini, maka saya katakan itu tidak benar 🙂 hi hi hi
    salam

  20. kalo ada yang punya xperia ini, gue mau beli…second berapa baru berapa…gue end user jadi harga wajar aja…anton 085720368163

    Hedwig?: sabar.. gadget ini belum dipasarkan resmi di Indonesia

  21. harga di sononya ajah skitar 450 us dollar’an …masuk sini jd brapa yah…? =__=’

  22. X-1 y? Kyknya bagus deh. Tapi apa g terlalu beda m P1i? Kyknya sih sm aj cuma ni versi slidingnya? Tapi windows mobile 6 itu tuw yg bkin beda kale??? Hah…. ,tp klu harganya 7-8 jut mah mending beli laptop aj kaleee. . . . hahahaha ato PC skalian…. 🙂

  23. Oh y sekedar informasi,gw kecewa m produk nokia akhir2 ini.

    1. Gw bli Nokia N76 baru 1 bulan uda jebol antenny trus gw service musti nunggu 3 bulan,gila g?
    2. Krn hp gw msh diservice pdhl gw butuh bgt,gw bli lagi nokia 5610 X-press music. Eh gr2 gw teledor jatuh tuw hp pdhl baru 5 hari beli. Lampu LCD-nya langsung rusak deh. Pdhl cm jatuh skali dr kursi. Gw service dah tuw HP tp ms nunggunya 2 ulan !!!! Mkn mangkel gw!!!
    3. Akhirnya gw jual N76 gw stlh diservice. Eh… Lakunya cm 2,7 jt-an. Pdhl gw bliny aj 4,2 jt-an.
    4. Seminggu lalu gw beli nokia 6500 slide. Baru jg td siang bli eh malemny ketahuan ternyata MMC-ny g bisa kebaca. Td gw lupa check gara2 di counternya memorinya g dimasukin ke HP. Sial dah HP-Gw msk service lagi !!!!
    5. Parahnya lagi smua HP yg gw bli tuw brasal dari “OKE SHOP”

    Jadi nih emank produk nokianya yg tmbh parah mutuny ato emank OKE SHOP jual barang loak-an?

    Tp itu g penting lagi dah… Yg pasti “NOKIA? NO WAY ! “

  24. tau knapa gw suka motorola, tapi yah mesti kata orang HP bikin bingung.. tapi gw udah cobain HP dari SE, Nokia N73,dan nok seri laen, eh malah kepincut HP murah E398 yang dijual temen gara2 kalah taruhan bola dan HP ini gak perrnah MATI mesti rusak gak nyala eh di oprek sendiri hidup lagi hehehe. dan sekarang gw pnya E2, V3, W355. Nok N73 dah masuk kotak males lemot suara jelek padahal belinya dulu 4jt pesen lagi. Kalo liat fitur ni SE X1 bagus jg, tapi kliatanya masih bagus perform atom exec deh..

  25. Bang Hedwig, pushmail ini hp pake Blackberry Connect ngga? Kalo untuk buka email kantor bisa ngga tuh? Tertarik juga nih..mending nunggu ini atau beli Nokia E71 ya..hmm.. *garuk2 dagu*

    Hedwig?: Setahuku Blackberry Connect untuk nyambung liwat PC. Anyway, saya memanfaatkan email dari Nokia untuk mengakses emailku yang dihost di google-aps, dan menggunakan model IMAP.
    E71 Sudah keluar tuh… tapi kalo masih mau nunggu.. coba aja Nokia XPressMusic 5800.. lihat di sini http://www.hedwigus.com/nokia-dengan-layar-sentuh/

  26. Sonny Ericsson is the best…service center kalo yang datang sampe antri berarti ada yang gak beres dengan produknya…contoh NOKIA…coba cek Ke MM Bekasi Barat…yang antri service kayak antre minyak tanah…doa’in bisa kebeli Experia ya…

    Hedwig?: Betul banget 🙂

  27. kalo experia dibandingin ama e90 ama htc touch pro menang ga yach kira2??
    ngincer suara, kamera, gps, kompatibilitas lainnya

    Hedwig?: Buat saya, HTC touch… better lah

  28. Wahh, kalo mo beli hp jangan yg BM dong, makanya cepet jebol…
    tapi untuk nokia memang sering masalah sih, pnyku 5800 xpress dlm setaon 4 kali masuk rumah sakit…
    untuk masalah sms lemot kayaknya ngga bener tuh, cos sekarang aku dah nyoba. smsnya cepet kok, untuk masalah browsing dll juga ngga ada masalah. malah hebatnya terakhir tak pake baterenya tahan 3,5 hari….
    asalkan beli hp resmi (bukan BM dkk, dll, dsb) menurut aku sony memang ngga ada tandingannya dlm hal service, kualitas bahan, dan daya tahan….
    Sayangnya layarnya terlalu kecil, tapi jujur untuk fiturnya aku lebih suka x1, dulu sempat punya iphone sama blackberry tapi bingung cara makeknya.
    jeleknya iphone: ngga bisa ngirim lagu/file lewat bluetooth, gps u wilayah denpasar (tmpt tinggal sy) ngga ada, ngga punya kamera video call, batere cepet abis, ngga bisa merekam video, aku ngga tau cara ngapus contact lama sama menyeting wifinya?
    jeleknya blacberry storm:parahnya ngga ada wifi, layarnya bercelah, bahaya bisa kemasukan debu?.

  29. Apapun HP nya minumnya teh botol sosro hehehe…..

    kalo punya HP jangan u ganjelan pintu atopun buat batu gosokan terang aja cepat rusak NOKIA maupun Sony Ericson, yang penting siapa yang suka dengan jenis Vendor yang ditawarkan yang penting duit hihihihihihi………

Tinggalkan pesan kamu