68

Solar Cell untuk Energy Alternatif

Pagi tadi, tidak lama setelah adzan subuh berkumandang dari surau di kampung sebelah, terdengar sebuah pengumuman. Sering pengumuman dari masjid di pagi hari memberitahukan berita duka cita, kali ini yang berduka cita adalah seluruh warga masyarakat, karena hari ini PLN memberlakukan pemadaman bergilir mulai pukul 07:00 sampai 17:00, 10 jam tanpa listrik, kasihan anak-anak.

Pagi ini matahari tampaknya juga enggan bersinar dengan terik, setidaknya terlihat dari halaman depan rumahku. Sambil merasakan hidup tanpa listrik, kecuali sisa energi battery di notebook dan handphone, saya coba mencari-cari energi listrik alternatif di internet.

Pemadaman Listrik Bergiliran

Sepertinya kita kembali ke masa lalu dimana energy listrik menjadi sebuah barang yang sangat berharga dan tidak dapat dinikmati oleh setiap orang. Pemadaman bergilir sekarang mulai menghantui wilayah Jabotabek setidaknya saya yang tinggal di Depok.

Karena pemerintah sepertinya tidak tanggap, maka kita harus kreatif sendiri-sendiri untuk mencari energi alternatif. Salah satu yang saya cari ada solar cell alias panel surya.

Panel surya menurutku lebih simple karena cukup diletakan di atas genting rumah yang setiap hari terekspos matahari secara terus-menerus, kecuali malem hari tentunya dan saat mendung.

Sambil mencari-cari, saya coba menghitung jumlah lampu yang ada di rumah. Karena design awal menggunakan system pencahayaan down-light (rumah T-36 aja kebanyakan gaya), ternyata cukup boros dengan jumlah lampu, lebih dari 17 lampu.
Selain itu televisi dan kulkas adalah alat elektronik yang selalu aktif setiap hari.
Jika mengacu kepada daya listrik yang diberikan oleh PLN sebesar 6 Ampere, maka daya terpasang di rumah saya adalah setara dengan 1300 Watt (maklum RSS).

Berhubung masih awam dengan perhitungan listrik, saya coba browsing di internet untuk harga solar cell system dengan kapasitas 1000 Watt.
Cukup sukar ternyata mencari harga solar cell di Indonesia sampai akhirnya ada satu website yang memampangkan harganya, sebesar Rp. 14.500.000,- Sebuah harga yang lumayan mahal, tentu saja buat saya.

Setelah tanya sana sini, beberapa informasi menyebutkan untuk merubah alat-alat di rumah menjadi DC karena ini dapat mengurangi harga inverter DC to AC yang harganya lumayan mahal. Tapi mana mungkin merubah semuanya, paling hanya merubah lampu menjadi DC, itu juga berarti menambah pengerjaan untuk memisahkan system lampu dari catu PLN ke catu DC Solar Cell, ujung-ujungnya juga nambah cost.

Dengan anggapan pengguna Solar Cell 1000 Watt sudah dapat memenuhi kehidupan sehari-hari dan asumsi bayaran listri PLN yang katanya masih disubsidi pemerintah sebesar Rp. 150.000,- per bulan, maka ROI pembelian solar cell adalah Rp. 14.500.000, : Rp, 150.000,- adalah 96 Bulan atau setara dengan 8 Tahun!.
Itu juga tidak ada penggantian battery. Tetapi setidaknya 8 tahun tidak diganggu sama PLN.

Saya sendiri belum tahu apakah asumsi saya ini benar adanya, atau mungkin ada parameter lain yang belum dimasukan, karena beberapa info menyebutkan bahwa harga solar cell adalah sebesar USD 8 / Watt. Jadi untuk 1000 Watt adalah USD 8000 atau setara dengan Rp 75.200.000,- (mahal banget!) dan ROInya adalah 501 Bulan atau 41 Tahun !

Ada yang punya informasi yang jelas ?

Hedwigus

68 Comments

  1. walah, mahal banget om, kalo punya uang 14 juta lima retus rebu mending buat beli motor šŸ˜€

  2. gue tertarik dgn bentuk rumah dgn solar cell. Dgn adanya solar cell keliatannya jd futuristik banget šŸ™‚

  3. Masih dirasa belum ekonomis, cell nya kita belum mampu buat sendiri, jadi masih imfort. ntar kalo oom sudah bisa bikin pasti murah deh, cuman kasian PLN bangkrut, he…he…

  4. MUAHALLL

    eniwei.. pemadaman bergilir kadang membawa keberuntungan hehe.. šŸ˜†

    saya ga jadi presentasi waktu itu, dan emang belom siap banget..
    tapi sekarang udah hihi… šŸ˜€

  5. salau banget atas kreativitas mas hedwig yang sempat mencari-cari data via internet ttg pehitungan pemakaian listrik. memang bener nih. saya sendiri juga sering bertanya-tanya, kenapa juga listrik bisa jadi overload kayak begitu sehingga mesti dilakukan pemadaman secara bergilir, haks :mrgreen:

  6. btw, sollar cell itu kalo pas musim penghujan nasibnya gmn? sorry kaga mudeng šŸ™

    Hedwig?: Selama masih ada cahaya, solar cell masih dapat menghasilkan energy listrik. Jadi saat hujan/mendung, solar cell masih bisa menghasilkan walau tidak sebesar saat cuaca cerah. Di Indonesia khan cuman 2 musim, jadi kansnya 50-50.

  7. investasi solar cell masih kemahalan oom….apalagi kalo cuma untuk emergency power yang hidupnya sekali-sekali doang….mending pake genset aja….
    gak perlu invest puluhan sampe ratusan juta. Solar cell per Wattnya masih diatas usd 10. Kita bilang aja usd 10 per watt di kali 1300 watt…udah usd 13000 kan? Muahal….Muahal….
    Mending coba….pake energy altenatif yang lain aja…..

    Hedwig?: Awalnya saya terkecoh dengan sebutan energi murah. Sinar mataharinya memang murah alias gratis, ternyata devicenya yang masih muahal buanget. Mungkin jika dibuat yang besar, kemudian listriknya dijual ke PLN, bisa jadi bisnis tersendiri šŸ™‚

    Sementara belum pake genset, secara belum nemu genset yang bener-bener silent supaya ndak ganggu tetangga kiri kana.. maklum rumahnya BTN (Bayar Tapi Nunggak)

  8. Membangun Solar Cell 1000 Watt? wow masih sangat tidak10.8 ekonomis, dan hitungan ROI 8 tahun sabgat mungkin meleset.

    Inilah saatnya kita berterima kasih ama pemerintah yang menetapkan tarif listrik kelewat murah di negeri ini.

    Untuk menghitung kebutuhan energi listrik yang tepat mestinya tidak hanya parameter daya terpasang saja ( 1000 Watt, 1500 Watt dll), tetapi yang lebih penting adalah berapa konsumsi riil kita? itu sebabnya kita membayar PLN dalam satuan Kilo Watt Hours ato KWH.

    Daya 1000 Watt yang terpasang dirumah mungkin tidak kita pakai full 1000 Watt x 24 Jam x 30 Hari, karena kalau pemakaiannya seperti itu bisa jebol kita.

    untuk melihat berapa pemakaian riil kita bisa dilihat dari tagihan bulanan yang kita bayar, disitu ada angka KWH yang mesti kita lunasi, karena kalo tidak lunas PLN pasti akan bergerak cepat memutus listrik kita.

    Ambillah contoh kita gunakan listrik kita tiap hari untuk 5 lampu plus 2 TV selama 12 Jam yang kira kira dayanya sebesar 300 Watt. Maka kita memakai daya listrik pada hari itu adalah 300 x 12 = 3.600 Watt Hours. ini angka penting dalam rangka merancang sebuah system SHS (SOlar Homes SYSTEM).

    Kita hitung sekarang berapa kebutuhan Investasinya? (ini perhitungan kasar).

    Asumsi rata rata matahari kita secara efektif sehari bisa kita manfaatkan dalam proses konversi energi pada solar cell = 5 Jam,

    maka:

    Jumlah Solar Panel yang dibutuhkan adalah = 3.600/5 = 720 WP. ( Watt Peak = daya listrik yang dihasilkan oleh solar cell)

    Harga Panel per Wp = +/- USD. 5

    Biaya pengadaan Panel = 5 x 720 = USD.3.600

    harga tersebut baru pengadaan Panel, belum termasuk untuk komponen lain dan biaya instalasi.

    Dalam praktek biasanya harga panel adalah 60% dari total biaya investasi, maka total biaya investasi untuk membangun sebuah SHS dengan daya 3.600 Watt Hour per day kira kira 3.600/0.6 = USD. 6000 —+/- Rp. 59.000.000!!!!

    INGAT dalam perhitungan ini pemakaian harian anda hanya diasumsikan sebesar 300 Watt saja bukan 1000 Watt. Anda bisa hitung sendiri jika kebutuhan harian anda adalah 1000 Watt x 24 Jam. Nah nggak kompetitif kan?

    Kalau 1000 Watt kita pakai full selama 24 jam angkanya akan menjadi

    1000 x 24 = 24.000 watt hour

    Jumlah Panel = 24.000 / 5 = 4.800 Wp
    Harga Panel = USD. 5 x 4.800 = USD. 24.000
    Total investasi = +/- USD. 24.000 / 0.6 = 40.000 = 390 JUTA

    Jadi untuk daerah yang sudah memiliki jaringan PLN, pemasangan SHS dengan tujuan untuk penghematan maupun back up power saat PLN mati JELAS belum ekonomis. Ada cara lain untuk mensiasati PLN yang sering mati -hidup. Silahkan menghubungi 0818 0410 0661

    Salam

    Kurniadi

  9. Praktisi bidang Tenaga Surya

    Sebagai sebuah upaya untuk ikut dalam kampanye global warming Solar Cell menjadi salah satu pilihan yang menarik dan memiliki peluang bisnis yang terus berkembang seiring dengan makin ketatnya harga sumber energy fosil.

    Solar Cell ini menarik karena secara teknologi tidak terlalu rumit dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi user. Ramah lingkungan sudah pasti dan mudah untuk diaplikasikan bagi pemenuhan kebutuhan energi masyarakat (Khususnya untuk Penerangan ) bagi daerah daerah terpencil.

    Salah satu pemanfaatan teknologi ini untuk masyarakat kita adalah Sistem listrik tenaga surya skala rumah tangga yang dikenal dengan Solar Homes System (SHS)

    Dalam Skala Kecil, SHS sudah mampu memenuhi kebutuhan energi rumah tangga khususnya untuk sumber penerangan menggantikan Listrik Generator Diesel yang makin mahal atau lampu minyak.

    System SHS sederhana memiliki komponen sbb:
    1. Panel Surya sebagai pembangkit listrik DC
    2. Charger Regulator / BCU
    3. Battery sebagai media penyimpanan energi listrik DC
    4. Kabel Instalasi dan saklar
    6. Beban berupa lampu.

    Dipasaran SHS ini biasanya sudah dijual dengan system knock down yang mudah diinstalasi tanpa keahlian khusus. Kalau anda bisa bongkar pasang antene TV maka anda sudah memiliki ketrampilan yang dibutuhkan untuk menginstalasi system SHS ini, karena SHS juga sudah dirancang secara plug and play / tinggal pasang Panel diatas atap selanjutnya colok sana – colok sini sesuai buku petunjuk yang disertakan dalam paket.

    Dengan Paket SHS 30Wp saja anda sudah dapat menikmati penerangan listrik selama 10 Jam setiap hari untuk 3 titik lampu. Paket ini kita sebut paket ekonomi yang terdiri dari: Panel Surya 30 Wp + Charger + Battery 30 Ampere + Lampu LED. jangan kawatir kurang terang, karena meskipun lampunya cuma 3 watt, anda tetap bisa menikmati layaknya lampu konvensional 30 watt. Dalam paket ini sengaja memakai lampu jenis LED karena jenis lampu ini jauh lebih hemat energi dibanding lampu konvensional dan yang penting adalah AWET.

    Berapa harganya? Cukup 3,5 Juta dan anda masih dapat bebrpa bonus menarik berupa kesempatan menjadi sales chanel SHS paket ekonomi ini.

    Bagaimana dengan kebutuhan daya yang lebih besar? Silahkan menghubungi 0818 0410 0661, anda akan dibantu untuk merancang kebutuhan energi anda.

    Apakah SHS bisa dipakai untuk menggantikan kebutuhan listrik di rumah kita: Bisa tetapi tidak direkomendasikan, karena harga SHS masih relatif mahal jika harus bersaing dengan listrik produksi PLN. maka berterima kasihlah pada pemerintah yang masih memberikan tarif listrik termurah di dunia.

    Salam

    Kurniadi

  10. Wah, pembangkitan listrik tenaga surya masih relatif mahal ya mas.
    Eh, harga listrik PLN itu memang masih subsidi kok mas.
    Sebagai gambaran, biaya pembangkitan listrik dengan Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) itu saja harganya ditetapkan sekitar 7 sen/kwh oleh PERMEN ESDM pada wal tahun ini
    Bandingkan dengan Tarif Dasar Listrik kita …

  11. Secara teoritis emang masih mahal banget apalagi kalo “cuma” buat sekedar menghemat tagihan listrik PLN jelas nggak sebanding mahalnya, di tempat kami sudah jalan “Solar PV Hybrid System” yang Grid Connected dengan jaringan PLN atau Diesel..investnya lumayan gede, yang teorinya kalo PLN padam kena giliran, ya otomatis langsung listrik dari PV Solarnya yang jalan..

  12. ada yang agak murah tidak solar cel nya, yang pasti alat ini lebih ekonomis, dan kita tidak perlu ketergantungan dengan pln yang makin mahal, contohnya solar cel dijual terpisah dengan alat penyimpanan atau kabelnya jadi masyarakat yang mempunyai banyak kabel dan acu hanya butuh solar celnya aja

  13. memang solar cell system masih mahal untuk ukuran orang kota, karena tersedia listrik dari PLN, akan tetapi system ini sangat membantu di daerah terpencil, yang belum terjangkau listrik. baik penggunaan rumah tangga, penerangan jalan, traffic sign maupun komunikasi. Bagi pemerintah yang harus menyediakan listrik di daerah terpencil, solar cell system ini sangat ekonomis dibandingkan harus membangun pembangkit listrik dan mendistribusikan ke rumah penduduk yang letaknya berjauhan satu dengan yang lain. Apalagi di Indonesia masih terjadi kekurangan listrik, solar cell system ini merupakan pilihan tepat yang tidak polusi, energi terbarukan yang sesuai dengan iklim kita yang berkelimpahan sinar matahari. perusahaan kami menyediakan solar cell system, apabila ada yang berminat, dapat menghubungi saya di susanniwijaya@yahoo.com , produk kami dijual dalam bentuk satuan maupun grosir.

    Hedwig?: Jeng Susan.. terima kasih untuk informasinya, kalo ada price list.. silahkan juga diupdate disini.. free koq he he he

  14. Sekarang harga panel Surya $2 per watt loh….
    kemaren sempet baca baca…lupa link nya dimana ?, belum termasuk bea masuk ke Indonesia…
    Ayo pemerintah bebaskan bea masuk untuk solar panel…
    untuk rumahan cukup dengan 500 s/d 600 wp X 25.000 = rp. 12.500.00( dengan asumsi $2 = 25.000 )
    dengan asumsi matahari bersinar terik selama 5 jam makan daya listrik yang di hasilkan 2500 watt/day jadi selama sebulan 75 kw
    cukup lah untuk nyalain kulkas, TV dll.
    Saat ini saya sedang coba coba untuk wind generator, tapi kendala dengan kecepatan angin di Indonesia yang cukup rendah. sedang meriset agar bisa bekerja untuk angin berkecepatan rendah.
    Sebenarnya kendala juga…karena toolsnya tidak ada, untuk mengukur kecepatan angin…jadi coba coba aja…dan liat liat bendera partai yang berkibar kibar…
    hehehehehehe

    Hedwig?: Halo Kang.. salam kenal.
    Memang ngoprek untuk mendapatkan energy alternatif memang asik. Sayang di Indon, cara ini masih tergolong agak mahal

    • Bagaimana dengan percobaan tenaga angin? apakah sudah berhasil ? kalau sudah berhasil share…keberhasilannya membuat stator dan rotor (generator kecepatan rendah) saya juga sedang mencoba-coba tapi belum berhasil memuaskan….

  15. ass wrwb saat ini sdg dikembangkan pemanfaatan energi terbuang dr PLN biasa dibuang lwt Ground pd rumah2.

    Hedwig?: Wah, saya baru dengar nih, semoga bisa terealisasi.

  16. Yth. Mas Setrum Suryo

    Saya minat untuk join untuk produk ini.
    Dimungkinkan ada market solar cell tsb didaerah saya yang masih langka Listrik sehingga masyarakat masih menggunakan diesel genset.

    Jika saja saya dilengkapi data dan brosur akan lebih mudah untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat calon pengguna.

    Tolong segera kirimkan data-data dan brosurnya.

    TKS.
    Zaenanto

  17. SOLLAR CELL
    Memang kelihatan sangat mahal untuk memenuhi kebutuhan alternatif solusi pengganti PLN apabila listrik mati atau pasokan listrik kurang di beberapa daerah di Indonesia. Tapi kita jangan memperbandingkan untuk berinvestasi dengan sollar cell dengan kemahalan harga tersebut. Saya kira nilainya tidak sebanding dengan semua aktivitas yang bisa kita lakukan apabila listrik PLN mati. Semua pekerjaan menjadi lancar, aktivitas belajar anak terpenuhi dan masih banyak aktivitas lainnya yang bisa kita lakukan tanpa mengandalkan PLN apabila mati lampu. Untuk informasi lebih lanjut bagi temen2 yang membutuhkan info tentang SOLLAR CELL dapat menghubungi : Alexander, CV. Istana Utama, Jln. Ahmad Yani no. 34, Samarinda-kalimantan Timur, telp. 0541 – 771 999 – Hp. 0811 2725 171

    @Zaenanto

  18. Memang masih sangat mahal kalau menggunakan solar panel,saya pernah mecoba buat soalar panel semdiri 100 watt dan bahannya saya beli dari china bisa sih tapi harus penuh kehati hatian dalam pengerjaan soalnya solar cell itu sangat rapuh dan mudah pecah.

    kalau disekitar banyak anginnya mending buat sendiri listrik tenaga angin.saya sudah membuatnya dan cukup baik.

    Hedwig?: Thanks for the info, jika berkenan sharing infonya disini atau ada tulisan yang dapat kami baca. Terima kasih.

  19. Kami dari PT. SUGIH GLOBAL MANDIRI ingin memperkenalkan produk Solar Cell dan security system ( CCTV dan Home Alarm ),sbb:

    A. SOLAR PANEL

    Cocok digunakan di :

    1. RUMAH :
    – penerangan lampu
    – laptop / computer
    – kulkas / microwave
    – air conditioner
    – televisi / radio
    – kipas angin, Dll

    2. PERKEBUNAN

    3. PABRIK

    4. PETERNAKAN, TAMBAK

    5. DLL..

    * Keuntungan I

    – solar panel bertahan lama hingga 25 – 30 tahun
    – bebas PLN ( tidak bayar listrik & abodemen )
    – mempunyai ?genset? yang lebih murah ,tenang & nyaman .
    – dapat menjadi power alternative dikala PLN tak berfungsi/pemadaman dll
    – bebas dan dapat dipakai didaerah terpencil/terisolir dan pedalaman.
    – dapat dipakai mobile saat darurat di perkemahan,piknik alam terbuka dll
    – juga dapat dipakai di tongkang/kapal laut (kecil),tambak,jalan trotoar dll
    – membuka lingkungan perumahan baru ,jauh dari jangkauan PLN
    – Dll

    * Keuntungan II

    Memang investasi awal cukup berat/mahal ,tetapi bila anda perhatikan hitung2an dibawah ini :

    Ambil contoh PLN dirumah = 3500 watt (pemakaian full/rata?)
    Bayar bulanan + abodemen = Rp 1.500.000,- (plus-minus)
    Perhitungan pemakaian 1 Thn = Rp 18.000.000,-
    Untuk masa pemakaian 10 Tahun = Rp 180.000.000,-

    Mari kita bandingkan dengan pemakaian Solar Panel :

    Gunakan pemakaian yang sama = 3500 watt
    Menggunakan 35modul x 100watt= 35 x Rp 7.000.000,-= Rp 245.000.000,-
    Break even point (pulang modal) = dalam waktu 14 Tahun ( sekitar Rp 252.000.000,-).
    Keuntungan pemakaian Gratis = sisanya 16 Tahun .

    Jelas ,keuntungannya sangat menarik ,bebas masalah dengan PLN bahkan seperti memiliki gardu sendiri?juga dapat didistribusikan kepada lingkungan setempat..

    Terima kasih ,Bila bapak/Ibu telah mengerti keuntungan2 yang dapat dinikmati kedepan..sebagai tindak lanjutnya kami nantikan telp untuk pemesanan ..

    B. SCURITY SYSTEM

    CCTV dan Home alarm :
    kami adalah distributor perangkat equipment keamanan yang cukup lengkap.
    Mulai camera sampai Access Point.
    Solusi lengkap terpadu disesuaikan dengan budget anda !

    untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi saya di
    email : sugih_global@yahoo.com
    telp : 021 – 534 8285
    Att : Bp. Edwin.
    thx..

  20. Ass, saudara setanah air…saya hanya mereka-reka kenapa para insinyur listrik pada gak kepikir utk bikin listrik didaerah perbatasan yang sangt membutuhkan….padahal banyak teknologi yang dapat dikembangkan seperti tenaga angin dan matahari atau gabungan dari kedua-duanya..gampang toh…wass

  21. bro kalo hitung2ngan secara matematikanya gimana bro?, gua yakin solar panel sabagai salah satu nergi alternativ tertuama di daeraht terpencil, gua pengen tau hitung-hiutngan matematikanya, dari sloar panel dapet cahaya matahari, terus masuk ke ke controler masuk aki terus keluar ke inverter DC to AC. sorry nih bro soalnya penelitian gua tentang panel surya

  22. gw jg pgn make buat di projek area di NTT. klo energi angin kan ada tuh itung2annya rumus P(watt) hasilnya trus di kali sm efficiency kincir 40 % dapet deh brp wattnya ,makin kenceng angin makin tinggi P(watt) nya. klo panel surya makin panas/terik cahanya ada pengaruhnya gak ya?jakarta sm NTT kan beda tuh panasnya.

  23. yup!!! para pemikir & inisiator qt…salut deh pd punya versi masing2, tp hrs ada wujudnya jgan cm teori aja. oke lanjut berkarya

  24. solar sel solusi untuk krisis energi saat ini
    keterbatasanlah yang memang membuat kita lebih jely mencari solusi tepat dan costnya lebih minim.

    pada dasarnya soler sel sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan energi dan meringgankan cost energi ulan yang kita bayar.

    saya rasa untuk solar cell lebih unggul di banding energi lain dengan alasan :

    1. ringan resikonya di bandingkan dengan disel dan pln
    2. cost hanya sekali saja tampa hiraukan biaya bulanan
    3. maintenance lebih mudah
    4. Tegangan lebih stabil
    5. Tidak bising seperti gunakan disel/genset
    6. dll

    salam
    ferdian

  25. sy bth data tentang sollar cell atau wind turbin, itung2an energi yang dihasilkan dan biaya nya, catalog, price list, dll.. utk keperluan tugas akhir saya.. mohon bantuannya.. email sy a.koefa@yahoo.com.. terima kasih sebelumnya..=)

  26. Untuk menghemat biaya panel coba browsing ke sunergy indonesia.panel baru 100 wp 3jt minimal pesan 2,kalo 50wp bekas 1,6 jt.lumayankan menghemat biaya panel

  27. wah ternyata solar cell mahal juga.. saya kira murah.. hehehehe…. pengen bgt hidup tanpa listrik dari PLN dengan cara lain dengan memakai solar cell.. tapi pas di liat budget saya tak tercapai…huffts…. kira” ada ga ya solar cell yg murah,.. kalo ada konfirmasi via e-mail ya.. hhehe tq for be4 and after

  28. solar cell bukan solusi yang tepat deh sepertinya…
    investasi mahal bukan hanya dari panel surya nya…
    yg lain hanya bahas dari segi panel nya saja ….
    oke lah panel bisa bertahan 20thn atau gak bisa rusak sekalian
    tapi jgn lupa hitung accu nya yach harga accu skrg mahal juga loh …. apa lagi seperti penawaran bpk edwin gratis 16thn listrik enak banget tuh accu bisa bertahan segitu lamanya šŸ™‚

  29. kok repot mas, kalau punya kocek Rp. 14,700,000,- lebih baik belikan saja polaris Water Heater yang bisa sekaligus buat mandi air panas atau masak air.dengan pemanasan matahari 1 hari, energi water heater ini bisa dipake untuk 3 hari mandi air panas.atau sekitar 550lt air panas.kalau tidak terpakai maksimal, kita juga bisa pakai konektor DC supply nya untuk keperluan penerangan menggunakan super led yang cukup terang, atau sebagai charger HP, dll yang berhubungan dengan DC.

  30. salam kenal kang heswig…..
    kita juga masih mencari energi untuk skala rumah tangga..
    banyak ide2 gila di kepala,berhubung penerapan ide gila di indonesia masih mahal harganya jadi tersendat
    mohon informasinya kalau dah menemukan solar cell yang murah harganya…….saling share……….

    Hedwig?: Salam kenal juga kang.

  31. Tetap pake PLN, dan klo giliran PLNnya mati tetap nyala, Instalasi listriknya di turunin ke 12Volt DC ( Khusus Lampu ), lampunya pake LED, jangan lupa sediain Accu/Battere, charger otomatic dengan Relay Magnetic, jadi klo PLN Mati Batrre yang suply intalasi, 2 buah TV pake LCD monitor 19″ 12 Volt pula Power Consumsinya,

  32. Apakah solar cell sangat efektif untuk energi emergency? dan bukan kah solar cell juga mengandung panas juga merupakan pemanasan global.

    Di Negara Indonesia kan terdapat banyak pegunungan dan pantai. sudah seharusnya kita pergunakan secara sebaik-baiknya.

    Misalnya di Pegunungan pasti terdapat sungai-sungai yang cukup kuat untuk menggerakan generator dan kemungkinan cukup untuk penerangan lampu satu kecamatan.

    Dulu ayah ku pernah buat listrik memakai tenaga air dari sungai dan berhasil. Lumayan juga untuk 1 desa tidak perlu pakai PLN. Dan penarikan listrik setiap rumah hanya 3.000 per rumah. Lumayan untuk hidup yang berkecukupan.

    Kalau di pantai, saya pernah membaca soal energi ombak menjadi listrik. Dan sepatutnya untuk dicoba. di setiap unit komponen menghasikan 1 voll yang berdaya 5 watt. Kalau dipasang sekitar 10.000 unit maka berapa voll dan watt yang dihasilkan GRATIS pula.

    Sayang insinyur-insinyur yang ada di Indonesia yang sukses langsung dikirim ke luar negeri.

    salam hormat
    hari

  33. sekarang trend harga solar panel cenderung menurun..investasi jadi semakin murah..kami distributor solar panel bersertifikasi dan terjamin kualitasnya di Indonesia…kontak: 081280164454

  34. Q baru aja belajar tentang solar sel n praktek langsung dlm percobaan tuk membuktikan benar gk solar sell dapat digunakan sebagai cadangan listrik yg menggunakan tenaga surya…
    n memang benar adanya
    tp jika harga solar sel tk kapasitas 1000 watt kt bs buat sendiri lho…
    tp memang agak sedikit rumit n membutuhkan biaya besar tp kyknya gk sampe 14.500.000an

  35. Indo Green mendistribusikan :
    1. Solar Cell/Panel : 10 WP, 20 WP, 30 WP, 40 WP, 50 WP, 60 WP, 80 WP, 120 WP, 130 WP, 220 WP, 240 WP, 260 WP
    2. AKI/Accu : Super Gel 65 AH, Super Gel 100 AH, Super Gel 120 AH, Basah, Maintenance Free, Kering
    3. SuperLED ACE (Penerangan Luar/Outdoor 40 W ? 60 W dan 80 W ? 120 W
    4. Lampu Penerangan Jalan (PJU)
    5. SuperLED Bulbs & Tubes
    6. Solar Home System/SHS (paket umum dan pemerintah) serta Solar Power Plant
    7. Solar LED Signal Lighting for Transportation Infrastuctures(Solar Warning Signal Light, Solar Navigation Buoy & Aviation Warning Light
    8. UPS Outdoor
    9. LED for factory, indoor and outdoor
    10. Traffict light

    Melayani Pengiriman dan juga Installasi ke seluruh Indonesia
    Apabila berminat hubungi dody (indo.green@yahoo.co.id ; telp. 081311146119)
    I Love Indonesia

  36. Pemikirannya Sama dengan saya Boss,,memang PLN harusnya bisa lebih murah dari harga sekarang..kalo ga salah sih sekarang ada yg jual “paket Lampu LED +panel solar cell 60-80 watt” harganya sekitar rp 3,5 jt..lampu LED bisa menyamai terangnya lampu Bohlam…heran ya ..? kenapa para pemilik gedung bertingkat itu gak kepikiran untuk memanfaatkan Panel solar cell ini..kan besaran Watt nya PLN bisa lungsur ke kita kita yg udah Mpod Mpod bayar rekening listrik ini…..hichixhichix

  37. Solar Cell untuk 1000 wp biayanya …….. sangat murah. Hanya dengan 7 jutaan bisa untuk mengganti pemadaman listrik. mau info lengkap? silakan hubungi email diatas.

  38. energi alternatif tapi mahalnya amit2 harus merogoh kocek puluhan jeti lah bagaimana dg org miskin dg pendapantan 20rb/hari, mikir dong utk makan aja senin kamis kok mikirin energi , nyuri kali…… saya ada ekperimen tp blm 100% genset tanpa BBM/surya/angin dll accu 100ampere hanya sbg stater aja, nonstop/24jam tp msh dlm tahap penyempurnaan dg modal saya 7.jeti aja dan bisa ditaruh dimana aja, dikamar pun bisa kok

  39. Senang ada yg perhatikan energy indoensia, liat di http://www.h2ofuel.blog.com, di sana generator listrik yg bisa di buat di indonesia, tidak pakai BBM, Surya, Angin, Panas bumi, Nuklir. listriknya bisa fariatif tergantung kebutuhan.

  40. Wah senang juga ini dapaat banyak, saya juga sedang mencari cari bentuk tenaga ini buat perkebunan kita di lembang bandung.. Hanya saja bulan depan baru pulang ke tanah air senang juga mengikuti para pemerhati yang andal2,hingga kita bisa saling saring .Setelah puluhan tahun tinggalkan kmp halaman rindu juga buat sesuatu. Salam untuk semua kawan2, dan salam kenal . Sim-usa.

  41. coba gen
    ini pemikiran
    n
    baru gwe kembangkan
    ……………
    aq pakai 1 accu mobil 20 ampere ( @ 700rb)
    +
    2 converter (500 watt) @ 300rb

    +
    1 charger accu 20 ampere ( 400rb)
    +
    CONTROLLER (pengontrol charger accu)
    ……………
    sistem:
    ……………
    dirangkai 1 accu dgn 1 converter
    dirangkai 1 converter dgn out charger accu
    colokan charger accu nempel ndi salah satu converter
    2 converter nempel di accu
    sebelum ke accu dirangkai dulu dgn CONTROLLER

    .
    .
    .
    .
    .
    .
    moga berhasillllll
    ?
    ?
    ?
    ?
    ?
    bagaimana ok kannnnnn

    Hedwig?: Layak dicoba nih

  42. kalo masalah solar cell emang mahal harganya, tapi bisa pake DSSC atau solar cell organik harganya kalo gak salah 1 US dollar/ Wp menurut Gratzel n 2 US dollar menurut Solaronix. bisa dibikin pake bayam, delima, blueberry, dsb.
    Kalo pake bilayer dye effisiensi bisa pake 12-15%.
    sorry kalo kurang jelas. coba search aja.
    atau kalo tempatnya bagus bisa pake hybrid gabungan angin ma matahari atau ma PLTMH.

  43. Nambah lagi.
    bisa tuh bikin dari algae buat bio fuel. lumayan bisa jadi bahan bakar genset buat bkin listrik.
    punya kolam pengembangan algaenya, semua alga bisa dipake yang penting ada lemaknya, tinggal di saring, di blender, peres deh pake saringa, n bisa di pake tuh minyaknya.

  44. om sekarang kalau mau cari solar sell tidak usah jauh2 dijawa timur juga uda ada namanya “skytech solar indonesia”dan harganya juga endak mahal2 amat kami juga bikin langsung sekalian terima pesanan.kalau mau coba hubungi aja email saya

  45. tertarik nih gan…
    di mana nyari solar panel yang efisien & murah?
    klo buatan china bagus ga ya?

  46. Betul gan. Makanya PLN pembangkit listriknya nggak pake solar cell wkwkwkwk

  47. LINKDATAACES INTERNET BROADBAND VSAT IP

    http://linkdataaces.indonetwork.co.id

    LAYANAN KOMUNIKASI INTERNET BERBASIS VSAT IP CBAND

    Salah satu solusi teknologi yang tepat untuk menjawab kendala geografis Indonesia adalah link komunikasi Internet berbasis VSAT IP. Layanan komunikasi Internet berbasis VSAT IP ini tidak mengenal batasan letak geografis. Jadi dengan demikian, tidak hanya wilayah yang sudah tersedia jaringan terestrial saja, untuk wilayah yang sulit dijangkau atau belum tersentuh jaringan telekomunikasi pun dapat menikmati layanan telekomunikasi tersebut.
    Satelit yang kita gunakan satelit apstar
    dengan harga bandwidth sangat terjangkau

  48. Pingback: website murah
  49. pernahkah kita terpikirkan menggunakan belut listrik sebagai sumber energi alternatif??
    penelitian d jepang sudah ada yang pernah nyoba. (coba tanya2 sama om google).
    mungkin saja ini bisa jadi alternatif yang bisa membantu krisis energi d Indonesia.
    lagian kalaw belutnya bisa d makan, dibudi dayakan, bisa dijadikan sumber penghasilan yang lain. hihihhi…

  50. LINKDATAACES INTERNET BROADBAND VSAT IP

    http://linkdataaces.indonetwork.co.id

    LAYANAN KOMUNIKASI INTERNET BERBASIS VSAT IP CBAND

    Salah satu solusi teknologi yang tepat untuk menjawab kendala geografis Indonesia adalah link komunikasi Internet berbasis VSAT IP. Layanan komunikasi Internet berbasis VSAT IP ini tidak mengenal batasan letak geografis. Jadi dengan demikian, tidak hanya wilayah yang sudah tersedia jaringan terestrial saja, untuk wilayah yang sulit dijangkau atau belum tersentuh jaringan telekomunikasi pun dapat menikmati layanan telekomunikasi tersebut.
    Satelit yang kita gunakan satelit apstar
    dengan harga bandwidth sangat terjangkau

  51. PJU solar sel 40 watt solar sell 100 wp x2,batrei 100 ah,box,led ceramic/chip sagat terang harga 15 jutaan. murah brooo, hub wawan 081 55 66 88 600.

  52. pakai system looping up saja listrik tidak akan habis habis. bisa email di teguhlim@hotmail.co.id klw mau keterangan lebih lanjut.
    Jadi tidak usah pikirin matahari, angin, bbm, air. bisa di tempatkan di mana saja. dan paling murah dari semua tenaga BBM.

Tinggalkan pesan kamu