S35

Semboyan35.com

Semboyan35.com

S35 adalah kependekan populer dari Semboyan35.com. Sebuah web forum yang membahas mengenai dunia cinta kereta api atau dalam istilah Inggrisnya, Railfan.

Railfans

Cinta Kereta Api atau istilah keren di bahasa Indonesia adalah Edan Spoor adalah sebuah kegiatan yang saya nikmati dari sejak saya kecil. Jangankan melihat kereta api yang melintas, bertemu rel kereta api yang aktif maupun yang mati saja saya sudah senang bukan kepalang.

Mendasari itu semua dan dengan semakin majunya teknologi komputer jaringan alias internet, saya mencoba mencari teman-teman yang memiliki kegemaran yang sama.
Di awal, saya mengikuti milis-milis yang bersentuhan dengan hobby menyenangkan ini. Sampai suatu saat, saya mulai berpikir untuk membuat sebuah forum yang dapat mengumpulkan cerita, ide dan keluh kesah para pecinta kereta api dalam sebuah wadah. Saat itu, mailing list sudah tidak menjadi pilihan karena sifatnya yang tertutup, sementara banyak pecinta kereta api dimana-mana yang menurut saya membutuhkan sebuah informasi yang lengkap tentang dunia kereta api.

Awal Berdiri Semboyan35.com

Semboyan35 adalah sebuah code di dunia kereta api (khususnya di Indonesia) yang berhubungan dengan membunyikan peluit di lokomotif. Semboyan35 juga bermakna konfirmasi dari sebuah perintah di kereta api.
Bunyi peluit yang sekarang cukup dikenal dengan klakson lokomotif memiliki suara yang khas dan menggelegar. Suaranya kadang terdengar dari jauh dan menandakan ada rangkaian kereta api yang sedang berjalan.

Semboyan35 juga menjadi sebuah dasar pemilihan alamat web forum ini, karena suara pecinta kerea api (railfan) dapat “didengar” melalui media internet. Semangat Semboyan35 adalah untuk memberikan edukasi yang baik, bahwa banyak kelebihan yang diberikan oleh Kereta Api dibanding dengan moda transportasi lainnya. Intinya suara Semboyan35 ingin mengajak kepada setiap orang untuk mengetahui sebuah hobby menarik, Cinta Kereta Api.

System Aplikasi

Semboyan35.com didirikan pertama kali pada tanggal 7 Januari 2008. Kala itu, semboyan35.com memanfaatkan egine web forum dari phpBB. Di awal berdiri, semboyan35.com memang belum banyak dikenal orang. Butuh waktu lebih kurang 8 bulan untuk melakukan promosi sehingga traffic data dan jumlah anggota semboyan35.com mulai bertambah.
Saat itu system server semboyan35.com sudah mulai kewalahan dengan jumlah traffic yang terus meningkat. Tidak jarang timbul pesan ‘bandwidth exceeded’ karena traffic sudah melampaui quota yang dimiliki.

Pada ulang tahun pertama, semboyan35.com melakukan migrasi dari phpBB ke myBB sebuah web forum engine yang lebih effisien dalam memproses database. Kemudian diikuti dengan upgrade system server. Walaupun begitu, setiap bulan semboyan35.com selalu dihadapkan terhadap quota bandwidth yang terus meningkat.

Pada ulang tahun ketiga, semboyan35.com memindahkan servernya ke luar negeri dengan fasilitas yang lebih tinggi. Sejalan dengan waktu jumlah member yang mendaftar terus bertumbuh. Rata-rata pertumbuhan user adalah 300 user per bulan, sementara itu tercatat 100 thread baru muncul setiap bulan dan lebih dari 10.000 posting yang dibuat setiap bulannya.
Lalu lintas traffic pun menyentuh angkat 100 Gbyte per bulan. Sebuah pencapaian yang didukung oleh para pecinta kereta api dimana saja berada.

Sifat Layanan

Semboyan35.com dibuat untuk menjadi free web forum alias setiap anggota tidak dipungut bayaran sepeserpun. Semboyan35 juga berdiri secara independent tidak melekat kepada satu institusi maupun organisasi. Semboyan35 juga tidak menempatkan dirinya sebagai organisasi atau badan yang mewakili pecinta kereta api.
Semboyan35.com memiliki semangat untuk menjadi tempat saling berbagi dan memberikan informasi tentang dunia cinta kereta api kepada siapapun dimanapun.
Pendanaan semboyan35.com datang dari iklan dan donasi.

 

Salam S35…Salam Pecinta Kereta Api.

 

5 Comments

  1. awal saya tau semboyan35.com ini juga karna waktu googling cari cari info dari kereta api trus nyasar deh akhirnya di s35.com
    langsung register trus mulai deh berforum ria d sini . .tengkyu juga buat om hedwig yg tlah melahirkan S35.com …naju trus perkeretaapian Indonesia

    salam S35

  2. pernah saya baca disini tentang jalur kereta yang hilang di pandaan kabupaten pasuruan jatim….

    rumah ortuku konon berdiri diatas bekas stasiun kereta lho di pandaan.

  3. Hanya saja sangat diperlukan, saya akan berpartisipasi . Bersama kita bisa datang ke sebuah jawaban yang tepat . Saya yakin .

  4. Hallo Om hed

    saya berharap Semboyan35.com dapat mengakomodir rekan RF yg ingin berpartisipasi dalam bentuk donasi.

    Terima kasih

    Salam S35

Tinggalkan pesan kamu