0

S60 5th Edition

Bagi pengguna handset Nokia seri N maupun seri E, mungkin cukup lekat dengan nama Symbian. Sebuah aplikasi yang dimanfaatkan oleh Nokia untuk menjalankan beragam aplikasi dan fungsi pada handset hasil besutannya.

Saat ini Symbian yang sudah diakuisisi oleh Nokia, kembali meluncurkan seri terbarunya yaitu S60 5th Edition yang berjalan diatas Symbian OS Version 9.4.
Apabila pada edisi sebelumnya, pengguna handset Nokia sudah dimanjakan dengan aplikasi internet dan multimedia selain untuk melakukan panggilan telepon, kali ini S60 5th Edition didesain untuk memenuhi kebutuhan internet dan multimedia yang lebih advance.

Apa aja sih keunggulannya dari edisi sebelumnya?

S60 5th Edition

Dengan S60 5th Edition, pengguna handphone mulai dapat memanfaatkan perekam video yang baru dan mampu merekam serta memainkan video dengan format widescreen 16:9. System ini bahkan mampu memainkan file multimedia dengan format nHD 640 x 360 pixels dengan 16 juta kedalaman warna.
S60 5th Edition juga menempatkan perangkat lunak pengolah gambar untuk memperbiki tampilan photo yang dibuat melalui handset tanpa harus mendownload gambar terlebih dahulu ke dalam komputer.

S60 5th Edition juga memiliki sebuah detection frameworks yang dapat melakukan deteksi terhadap aplikasi yang berjalan diatasnya. Fungsi ini dapat mencegah handphone crash akibat ada aplikasi yang boros memakan memory, sehingga performance handphone dapat terjaga dengan baik.

S60 5th Edition juga dapat digabungkan dengan Touch UI, sebuah frameworks yang dapat menghilangkan tombol-tombol di handphone dan digantikan dengan sebuah layar sentuh, sebuah model terkini dari perangkat telekomunikasi.
Touch UI akan memberikan pengalaman yang berbeda kepada penggunanya, mulai dari hanya melakukan panggilan sampai dengan menjalankan aplikasi multimedia atau berselancar di internet.

S60 5th Edition didesain untuk dapat menerima file-file multimedia dengan format MP3, ACC, H.264, Windows Media dan Flash Video. Browser yang dilengkapi dengan flash lite, mampu membawa penggunanya untuk menjelajah internet seperti layaknya di desktop.

Untuk aplikasi komunikasi standart, edisi ini tentu saja mendukung SMS, MMS dan Email (POP/IMAP4/SMTP/MIME) serta mendukung Push Email melalui IMAP IDLE dan OMA Email Notification. Sebuah aplikasi yang juga sedang populer saat ini untuk social networking.

Edisi ini juga memiliki fungsi persolized themes yang dapat digunakan untuk membedakan themes saat handset berada di dalam jaringan operator yang berbeda termasuk didalamnya menu dan kegunaannya.
Misalnya, pengguna yang sering menggunakan satu handphone dengan lebih dari satu kartu dari operator yang berlainan dapat membuat themes yang berbeda untuk masing-masing operator.

Run-time Environment and Middleware Components.

Sebuah fungsi yang pasti sangat diperlukan oleh para developer untuk membangun aplikasi di system ini. Selain memiliki kompatibilitas dengan edisi sebelumnya, S60 5th Edition juga mengijinkan software developer untuk memanfaatkan Touch UI di aplikasi yang dibangunnya melalui API sesuai handset yang diinginkan.

Application Runtime Environment.
Sama seperti pendahulunya, edisi ini dapat mengeksekusi aplikasi berbasis Java ME, Flash Lite dan Web Runtime. Selain lebih baik, edisi ini juga memiliki security yang lebih baik dari sebelumnya sehingga dapat mencegah sebuah aplikasi jahat untuk mengacaukan seluruh system dan data.

S60 yang dibangun diatas Open Symbian OS juga mengijinkan para developer untuk membangun aplikasi berbasis C++ Application Environment dengan kemampuan yang lebih baik serta akses ke sytem dengan lebih stabil.

Handset pertama yang menggunakan S60 5th Edition adalah Nokia XpressMusic 5800

————————————-

Sejak menjadi Open Symbian OS, Symbian juga digunakan oleh Samsung dan LG selain oleh Nokia

Gambar milik S60.com

Hedwigus

Tinggalkan pesan kamu