0

Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya

Saya tidak pernah menyangka bahwa di Bogor ada sebuah Pura yang besar, bahkan disebutkan ini adalah sebuah Pura agama Hindu terbesar di luar Pulau Bali.

Mumpung sedang ada waktu luang di hari libur Mayday, sayapun langsung memutuskan untuk pergi menuju lokasi Pura tersebut.

Perjalanan dari Depok menuju Pura Parahyangan hanya mengadalkan informasi dari internet dan bantuan Google Map sebagai teman penunjuk arah. Mungkin orang lebih mengenal obyek wisata air terjun Curug Nangka di kaki Gunung Salak atau kawasan Resort Higland disana. Dan Pura Prahyangan Agung Jagatkarttya berada tidak jauh dari kedua lokasi tersebut, setidaknya berada di jalan yang sama dan gunung yang sama (ya iya lah, mosok beda gunung).

Perjalanan dengan mobil bisa dicapai sampai ke Lokasi Pura Parahyangan. Tempat parkirnya juga cukup luas. Jalanan yang menanjak dapat dilalui dengan mudah. Hampir dibilang tidak ada ada halangan yang berarti kecuali jalanan sempit yang kadang berlubang.

Sampai di Pura memang sudah terlalu siang, sekitar jam 10:00. Rencana untuk menikmati matahari pagi disana juga batal (hawong berangkat saja jam 08:00). Sayangnya tidak banyak yang bisa saya ceritakan dari Pura ini, karena ternyata Pura Parahyangan tidak dibuka selain hanya untuk kepentingan umat Hindu melakukan peribadatan.
Bayangan saya, disini akan seperti banyak Pura di Pulau Bali, dimana pengunjung dapat menikmati keindahan Pura yang konon dibangun di lokasi petilasan Prabu Siliwangi dengan cukup leluasa.
Tetapi Pura Parahyangan hanya membatasi pengunjung sampai di gerbang utama saja. Dan hanya dapat melihat sedikit keindahan dan kemegahan Pura dari jauh saja. Dalam hati saya sebenarnya kecewa, tetapi dari penjelasan yang disampaikan kepada saya, memang kita harus menghormati kes-sakral-an?sebuah Rumah Ibadah.

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Gerbang Pura

Gerbang Pura

Pintu masuk ke kawasan komplek Pura

Pintu masuk ke kawasan komplek Pura

Jagatkarta005

Pemandangan sekitar Pura

Pemandangan sekitar Pura

Lokasi parkir

Lokasi parkir

Mudah-mudahan dilain kesempatan, pengelola?Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya dapat menambah lagi lokasi-lokasi yang dapat dimasuki pengunjung biasa yang datang ingin menikmati keindahan, kemegahan dan kedamaian sebuah Pura.

Om Swastiastu

Hedwigus

Tinggalkan pesan kamu