1

Penahan Tanaman dari Sumpit

Sumpit (chopstick) sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari para penggemar kuliner bakmi dan bihun. Saya kebetulan suka dengan jajanan mie ayam yang banyak dijajakan disetiap sudut jalan di Jakarta ini, dan sumpit menjadi media untuk menikmati mie ayam tersebut.

Sudah beberapa bulan ini, saya menjalankan aktivitas berkebun, bukan kebun produksi yang luas, tetapi hanya kegiatan di teras rumah saya yang sempit ini.
Tanaman saya tanam dari benih yang saya beli di toko perkakas karena menurut saya cukup mudah dan tidak merepotkan, walaupun tentu saja cukup lama untuk dapat tumbuh besar. Tetapi setidaknya saya menikmati kegiatan ini dan dapat mengikuti pertumbuhan tanaman yang saya tanam mulai dari bentuk “kecambah” sampai cukup besar.

Saat tanaman mulai tumbuh membesar, sepertinya mereka tidak memiliki batang yang cukup kuat untuk menahan dirinya sendiri, apalagi waktu saya sirami. Tanaman itu langsung bengkok saat tersemprot air keran.

Batang tanaman yang bengkok setelah tersiram air

Kembali ke sumpit.
Pedagang mie ayam gerobakan sepertinya selalu membuang sumpit-sumpit bekas para pembelinya. Sejenak saya berpikir mengapa tidak mengambil sumpit bekas tersebut untuk digunakan sebagai penahan tanaman, setidaknya saat mulai tumbuh dan agar memiliki batang yang lurus.Tinggal memintanya kepada penjual mie ayam, dan saya langsung mendapatkan puluhan sumpit bekas. Setidaknya minta dibilas terlebih dahulu dan dibungkus koran agar tidak merepotkan saat dibawa.

Berikut ini adalah cara saya memanfaatkan sumpit bekas untuk penahan tanaman. Saya tidak terlalu suka mengikat tanaman dengan tali, karena batang tanaman yang baru tumbuh sangat kecil dan menurut saya mengikat dengan tali sangatlah merepotkan. Saya menggunakan kawat sebagai penahan batang.

Kawat dan Sumpit

Saya menggunakan kawat yang biasanya dimanfaatkan untuk membuat hiasan bunga kertas. Kawat seperti ini dapat dibeli di toko-toko buku bagian prakarya.

Sumpit dan Kawat

Sumpit yang telah diberi kawat tinggal ditancapkan di dekat batang tanaman yang hendak ditahan. Tidak perlu menggunakan tali untuk mengikat, yang penting batang tanaman dapat berdiri tegak dengan penahan ini.

Penahan tanaman dari sumpit bekas

Kawat cukup flexible untuk ditekuk dan cukup kuat untuk menahan batang tanaman.

Menahan tanaman yang cukup besar

Peralatan yang digunakan hanya sebuah tang untuk memotong kawat dan membuat ikatan.

Tang

Hedwigus