2

Pasal 27 UU No.11 Tahun 2008 Tentang ITE

Sebelum anda membuat status atau menulis sesuatu di social media, blog, e-mail sampai dengan SMS, ada baiknya untuk?mengerti sebuah pasal di UU No.11,Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang lazim di kenal dengan UU ITE.

Undang.undang ini dibuat untuk melindungi sekaligus membatasi sepak?terjang kita di era komunikasi digital yang semakin mudah diakses.

PERBUATAN YANG DILARANG
Pasal 27

(1)? Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

(2)? Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.

(3)? Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

(4)? Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Masalah Utama

Pasal 27 ayat 3 Undang-Undang No.11 Tahun 2008 ini, ternyata memiliki celah bagi siapa saja yang membuat tulisan (posting) di media sosial, blog, forum bahkan sampai email maupun SMS, untuk dapat dipidanakan apabila ada orang lain/pihak lain yang merasa tersinggung/dirugikan akibat tulisan yang dibuat.
Pasal 27 ayat 3 UU Informasi dan Transaksi Elektronik semestinya tidak mengatur masalah ini,S karena selain batasannya yang tidak jelas, ayat ini juga tidak ada hubungan yang erat dengan keamanan dan kenyamanan transaksi elektronik.

Semoga saja, Pemerintah Indonesia memiliki keinginan untuk melakukan koreksi bagian ini.

Hedwigus