7

Nokia N77 with built-in DVB-H Decoder

Hari ini kebetulan ada berjumpa dan sempat ngobrol dengan jajaran petinggi Nokia Indonesia. Dua orang yang menurut saya cukup berpengaruh dengan distribusi handset Nokia di Indonesia, yaitu Pak Hasan Aula dan Pak Usun.

Sambil ngobrol ngarol ngidul mengenai produk teknologi yang bagi saya cukup menarik mereka berdua memamerkan sebuah produk baru handset Nokia yang akan segera diluncurkan di pasaran, Nokia Nseries N77.

Nokia N77

Nseries N77
Seperti dengan jajaran Nseries lainnya, yang mengedepankan pengalaman berinternet di handset, N77 tampaknya akan menjadi sebuah gadget baru yang mustinya akan diminati oleh banyak orang.
Nokia menyebut N77 dengan Multimedia Focused 3G Smartphone.

Fiture berinternet N77 saya rasa cukup lengkap. Handset ini dapat beroperasi di jaringan GSM-900, GSM-1800, GSM-1900 dan WCDMA. Kapasitas memory internal mencapai 20MB dan dapat mendukung microSD berkapasitas 2GB.
Browser N77 sudah mendukung WAP 2.0, XHTML MP, CSS dan JavaScript, serta sudah dilengkapi dengan Nokia Mini Map, sebuah aplikasi pencarian alamat berbasis internet.

Sebuah fiture yang menarik perhatian saya adalah siaran televisi dengan format DVB-H pada 470-750 MHz dengan gambar yang jernih serta suara yang bagus, serta fitur lengkap mulai dari updated program schedule hingga reminder and replay. Layar 2,4 inchi QVGA dengan kedalaman 16 juta warna sangat mendukung saat menonton acara musik dan sinetron. Tombol navigasi dapat difungsikan untuk memindah channel atau melihat schedulle serta memilih channel. Menurut Pak Usun, battery N77 sanggup untuk digunakan untuk menonton televisi selama 5 jam!, jadi saat terjebak kemacetan atau perjalanan keluar kota kita masih tetap dapat menonton televisi, dengan catatan harus berada di dalam jangkauan penyedia siaran DVB-H.

N77 menggunakan DVB-H dengan audio-video codec H.264 AVC 384 kbps@QVGA 15fps atau QCIF 30fps serta mendukung format AAC sampai dengan  128 kbps

Fiture musik sepertinya menjadi sebuah fiture standart, walau qualitas suara masih belum dapat menandingi iPod dan iTunes, N77 masih sedikit lebih unggul karena memiliki FM tuner dan sudah dilengkapi dengan stereo speaker.

Fasilitas imaging Nokia N77 menurut saya masih standart, Kamera 2 Mega Pixel (1600 x 1200 pixels) dengan 16x digital zoom serta built-in flash. Dan kamera di bagian depan dengan resolusi 352 x 288 pixel dengan 2x digital zoom.

Jika sebelumnya Nokia sempat disebut sebagai produsen kamera digital terbesar di dunia, mungkin ke depannya, Nokia juga akan memiliki sebutan sebagai produsen televisi terbanyak. Dan sambil bercanda saya mengatakan jangan-jangan Nokia nanti mulai melirik membuat kulkas, AC, microwave, dll :).

Hedwigus

7 Comments

  1. TVRI belon ada tuch, tapi udah ada beberapa program dari SCTV sama beberapa program juga dari MNC

    Udah pernah ada yg nyoba?

  2. hp N77…aq udh poenya lhooooo…..
    pengen g?
    TVnya kinclong buuuuuuuuu”””””
    sma HPnya kinclong HPnya dink………………….

Tinggalkan pesan kamu