0

Mengapa Menggunakan DCIM Untuk Digital Camera

Camera digital, siapa yang tidak tahu?. Saya rasa sebagian besar orang sudah sangat lekat dengan fotografi digital saat ini. Sepertinya hampir tidak lagi moment di bumi ini yang luput dari?‘jepretan’ para digital photographers. Lihat saja di situs media sosial, pergerakan data foto sangat dinamis dan cenderung sangat cepat.

Mungkin yang luput dari perhatian banyak orang adalah sebuah directory di media penyimpanan baik berupa flashdisk, SDCard dan lain sebagainya. Kita semua lebih terpaku kepada besarnya kapasitas?megapixels sebuah camera.

Semua camera digital, apapun merknya, akan menggunakan sebuah nama directory yang sama untuk tempat meyimpan foto hasil?jepretan sang photographer. Nama folder tersebut adalah DCIM. Jika kita hapus, maka camera akan membuat kembali nama directory tersebut.

DCIM adalah kependekan dari Digital Camera Image. Sebuah nama standart yang digunakan di dunia digital fotografi sebagai?default name untuk folder gambar.
Didalam directory DCIM biasanya akan dibuat (secara otomatis) nama sub directory yang dimulai dengan angka 100_ sampai dengan 999_. Dibelakangnya biasanya akan diikuti dengan kode merek camera yang digunakan saat itu.

Directory DCIM

Directory DCIM

Tujuan dibuat standart ini agar camera dapat saling bertukar media penyimpanan tanpa terganggu akan duplikasi yang akan kemungkinan akan terjadi.

Sementara itu untuk handphone yang sengaja tidak dilengkapi dengan media penyimpanan external, biasanya akan menulis nama file foto dibawah folder DCIM tanpa membuat sub-folder terlebih dahulu.

Jadi selamat memotret dan berbagi foto dengan bijak dengan orang lain di media sosial. Ingat foto yang anda unggah di media sosial tidak akan pernah hilang dari internet dan dapat digunakan orang lain untuk keperluan yang tidak baik.

Hedwigus

Tinggalkan pesan kamu