1

Membuat Sun Screen sendiri untuk Jendela

Karena hidup di negara tropis, tentu saja hawa panas sudah menjadi suasana sehari-hari, kecuali saat musim hujan saja saya dapat menikmati hawa dingin tanpa menggunakan AC.
Hawa panas tentu saja membutuhkan sirkulasi yang baik juga, salah satunya adalah membuat jendela yang cukup lebar sehingga udara dapat berotasi dengan mudah.

Selain butuh teralis yang kuat dan indah tentu saja, jendela besar juga memerlukan penutup alias gorden yang cukup besar juga. Karena kebetulan saya kurang suka dengan gorden, maka sebagai penggantinya adalah menggunakan kaca film gelap atau memasang vertical blind.
Karena saya juga tidak terlalu suka kaca film karena kualitas film biasanya tidak bertahan lama dan cenderung mengelupas saat udara berubah-ubah, maka pilihannya ya tinggak Vertical Blind.

Ada lagi dengan pilihan memasang sticker sand-blast, tetapi tentu saja menghalangi kenikmatan menikmati suasana teras karena semua terhalang sticker.

Saya coba mencari Sun-Screen dibandingkan Vertical Blind, karena bagi saya tidak memakan banyak tempat, karena dapat diaplikasikan langsung di kaca jendela tanpa harus merusak kusen atau dinding.
Mencari Sun-Screen juga bukan hal mudah, karena ternyata sulit juga mencari yang kira-kira pas untuk dipasang di Jendela.

Tetapi saya gak mungkin membiarkan kaca jendela menjadi tembus terus menerus sementara Sun-Screen belum dapat untuk dipasang. Sampai suatu siang saya menemukan Anti-Slip Mate disebuah toko perkakas.

Anti Slip Mate

Anti Slip Mate

Berbahan karet dan memiliki texture menarik dengan beberapa pilihan warna. Ternyata ada yang memiliki ukuran lebar 27.5 cm dan panjang 148 cm. Dan tiba-tiba tercetus ide untuk membuat Sun-Screen dadakan. Harganyapun berkisar Rp. 22.500 cukup masuk akal. (andai bisa lebih murah lagi).
Pilihan saya jatuh pada warna abu-abu dan coklat tua. Keduanya memiliki texture permukaan yang berlainan, sepertinya cukup OK ditempel di jendela rumah saya.

Sampainya dirumah, saya berusaha untuk mencari jalan, agar benda ini dapat menempel di kaca jendela. Yang terbesit hanyalah isolasi/selotip bening. Karena saat itu, hanya benda itu yang ada. Peralatan tambahan lainnya hanya spidol non permanen dan penggaris.
Saya tidak perlu memotong Anti-Slip Mate karena cukup untuk diaplikasikan di kaca jendela rumah.

Peralatan Pendukung

Peralatan Pendukung

 

Ukur sana-sini dan dengan bantuan selotip, Anti-Slip mate berhasil melekat di kaca jendela dengan baik (menurut saya lho). Karena cukup ringan, saya rasa selotip dapat kuat menahannya untuk waktu yang lama.

Melekatkan Anti-Slip Mate

Melekatkan Anti-Slip Mate

 

Dengan bantuan garisan, maka pemasangan Sun-Screen dapat cukup porposional di kaca jendela. Dan berikut adalah hasilnya. Sementara saya tetap mencari Sun-Screen yang pas, kaca jendela menjadi lebih redup dan tetap dapat memandang keluar jendela.

Sun Screen

Sun Screen

Sun Screen

Sun Screen

 

Hedwigus