0

Main-main dengan Google Adsense

Jika banyak orang yang mengatakan bahwa mencari uang di internet melalui iklan yang tayang di blog adalah mudah, lebih baik dipikirkan kembali. Saya memiliki Blog dan Web Forum yang hampir disetiap halamannya menayangkan iklan dari Google Adsense, dan ternyata hasilnya tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya.

Setiap teknik SEO telah saya lakukan (tentu saja SEO yang wajar agar tidak menyesatkan orang yang ingin mencari informasi melalui search engine) dan peningkatan tidak seperti yang diharapkan.
Saya akhirnya menetapkan untuk mengelola komunitas dengan sebuah web forum dengan harapan dapat meningkatkan penghasilan melalui Google Adsense.
Apabila dilihat, memang ada pertumbuhan. Tetapi apabila dibandingkan dengan effort yang saya lakukan, pertumbuhan penghasilan di Google Adsense masih sangat kecil dan tidak akan masuk kedalam skala komersial.
Begitulah yang saya rasakan.

Google Adsense

Google Adsense

Tetapi namun begitu, saya tetap mendapatkan penghasilan dari Google Adsense dan saya anggap saja sebagai uang saku. Karena biar bagaimanapun hasilnya akan lebih kecil dibanding jika saya bekerja sebagai pagawai di kantoran.

Hari ini, saya coba menguangkan pendapatan saya dari Google Adsense yang dikirim ke saya melalui jaringan Western Union. Saya pilih Western Union karena kemudahan menguangkan di banyak merchant (Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Bank dan outlet resmi Western Union di banyak lokasi).

Karena Google adalah perusahaan internet, maka tentu saja Payment Statement yang dikirimkan ke saya akan muncul di halaman web Google Adsense. Yang harus saya lakukan adalah mencetak halaman tersebut untuk dasar informasi.

 

googlewesternunion

 

Hari ini saya pilih Bank Danamon, karena saya lebih memilih menghadapi mbak-mbak CS yang cantik daripada kasir-kasir yang butek :).
Pertama tentu saja mengambil nomor antrian sambil mengisi Formulir Pengambilan Uang Western Union. Berikutnya dipandu oleh mbak-mbak CS yang cantik tadi, saya melengkapi formulir dan dokumen lainnya. Oh iya, jangan lupa membawa KTP Asli yang alamatnya sama persis dengan yang tertulis di Payment Statement. Jika informasinya beda, pasti akan sukar meneruskan proses pengambilan uang.

Setelah proses pelengkapan formulir selesai, saya diarahkan ke Teller untuk mencairkan uang saya. Dengan Western Union saya tidak dikenakan biaya apapun. Tetapi yang perlu diingat, bahwa nilai tukar Rupiah – Dollar AS yang digunakan adalah standart Western Union yang biasanya lebih murah :(.
Hari ini saya diberikan kurs 1 USD setara dengan Rp. 9.478,56 .. Lumayan lah daripada tidak dapat sama sekali.

Jika dilihat, angkanya tentu saja kecil, jika dibandingkan gaji seorang pegawai kantoran bahkan PNS.

Kesimpulan, menurut saya lho.

Dari sini saya dapat memberikan kesimpulan, bahwa mencari uang di internet melalui iklan-iklan jangan dijadikan tujuan utama. Iklan hanya sebagai uang saku saja. Sementara bisnis sesungguhnya ada di internet itu sendiri dengan memanfaatkan jaringan yang sangat luas, bangunlah industri internet anda sendiri.

Hedwigus

Tinggalkan pesan kamu