6

Lintasberita dot com

Buzz!
Tiba-tiba Yahoo Messenger di notebook saya bergoyang-goyang, sebuah pesan yang masuk dari seseorang yang tidak saya kenal, mengenalkan saya dengan situs lintasberita.com.
Wah ada yang baru lagi nih sepertinya di Perinternetan Indonesia.

Segera meluncur ke sana, dan tampilan awal yang didominasi warna biru dan orange serta sedikit kehijau-hijauan tampak menarik untuk terus menyimak situs ini.

Lintas Berita

Situs ini dibuat sepertinya untuk mengumpulkan beragam informasi dari banyak sumber berita yang tersebar di Internet. Awalnya saya menganggap jika situs ini akan mengagregasi berita dari situs berita seperti detik.com atau kompas.com. Ternyata anggapan saya salah, ternyata lintasberita.com juga mengagregasi informasi dari blog-blog yang menampilkan beragam informasi.
Kesan saya untuk situs ini adalah untuk memudahkan blogwalking, karena hampir semua informasi bisa dipantau dari tempat ini.

Lintasberita.com membagi informasi masuk ke dalam beberapa genre, yaitu: Olahraga, Teknologi, Politik, Bisnis, Kuliner, Sains, Lokal, Selebriti, Aneh, Dunia dan Hiburan
Bagi saya ada yang sedikit kurang pas untuk menu-menu tersebut, karena ada genre Lokal dan Dunia, padahal saat kita memilih menu Teknologi tentu saja akan tersaji berita Lokal dan Dunia. Mungkin sebaiknya mereka menghilangkan kedua tab tersebut dan menggabungkannya di bawah menu-menu yang ada. Jadi misalnya saat mengklik Olahraga, pembaca dapat langsung melihat informasi yang diberikan tags Lokal atau Dunia.

Terus menelusuri menu-menu yang ada, saya akhrinya baru sedikit sadar karena ada tab Terpilih dan Antrian. Ternyata situs ini tidak hanya menjadi situs agregasi semata, pembaca dapat terlibat langsung dalam menentukan isi berita yang diinginkan. Setiap informasi yang masuk ternyata dapat dirating sehingga tulisan bersangkutan dapat masuk ke halaman Terpilih yang otomatis akan langsung tayang di halaman muka. Sementara informasi lainnya yang teragregat, akan bertengger terlebih dahuli di halaman Antrian. Jadi tidak semua basbang dapat masuk kesini.

Situs ini juga memilah informasi berdasarkan jenis content, yaitu: Berita, Foto dan Video.

Menjadi kontributor

Berikutnya adalah proses pendaftaran untuk menjadi kontributor lintasberita.com. Caranya juga mudah dan sederhana tinggal mengisi formulir kemudian sebuah email konfirmasi akan dikirim untuk memastikan pendaftaran adalah benar.

Setelah resmi terdaftar, saya mencoba memasukan salah satu tulisan saya berjudul Naik Kereta Api: Bogor-Sukabumi.

Prosesnya juga tidak terlalu rumit, saya tinggal copy url artikel kemudian di-paste-kan di form “Alamat sumber berita”.
Sebelum menekan tombol “Kirim Sekarang” saya menempatkan artikel saya dalam pilihan jenis media Berita.

Di halaman berikutnya, system akan melakukan validasi untuk selanjutnya muncul form baru yang mengijinkan saya untuk memodifikasi informasi yang ada sekaligus menempatkan photo yang ada di artikel sebagai pilihan icon yang akan dimunculkan.
Ada yang sedikit mengganjal lagi, informasi yang saya berikan sebenarnya adalah informasi tentang kegiatan railfan yang kebetulan bertepatan dengan sebuah program pemerintah. Saya tidak dapat menempatkan artikel saya ke kategori Hobby (karena memang tidak ada) dan terpaksa harus saya masukan ke kategori Lokal (sebenarnya saya akan sedikit terhibur jika ada kategori Transportasi).

Setalah tombol submit ditekan, artikel saya sudah masuk ke halaman antrian, berikutnya adalah usaha saya sendiri untuk melakukan promosi agar artikel yang saya buat dapat dibaca banyak orang, diberi rating dan akhirnya dapat bertengger di halaman depan atau halaman terpilih.

Satu lagi sebuah tools lokalan Indonesia terbit di Internet Jungle, semoga banyak inspirasi yang timbul dari sini.

Hedwigus

6 Comments

  1. hmmm.. ini paid review kah?heuheuehu.
    saya juga suka pake nih lintasberita utk submit berita… 😀

    Hedwig?: Sebenernya yang lebih tepat ini review rada maksa… dan no paid :)… baru ngeh kalo ada paid review..

Tinggalkan pesan kamu