2

Liburan sekolah dan kamera baru

Tidak terasa sudah satu tahun dengan artikel yang mirip sebelumnya.
Satu tahun bukanlah waktu yang panjang bagi perkembangan teknologi. Apabila liburan tahun lalu, kamera digital yang digunakan saat liburan sekolah hanya berpacu keapada besarnya megapixel, maka kali ini fitur yang paling populer adalah dukungan kamera kepada format gambar video berkualitas HD (High Definition).

Canon SD960 IS

PowerShot 960 ISCanon sebagai salah satu pemimpin di industri photography mengeluarkan kamera-kamera poket digital yang sudah mendukung format gambar HD (720i) pada saat merekam video.
Canon SD960 IS sudah memiliki kapasitas sensor sebesar 12 Megapixels dan fungsi Image Stabilizer, sehingga membuat hasil photo tetap terjaga walau terjadi guncangan saat mefoto. Lensa zoomnya mampu memperbesar sampai dengan 4 kali (setara dengan 28mm – 112mm).
Ukuran ISO kamera saku ini memang cukup tinggi, yakni mampu melayani sampai dengan ISO 1600 dan kecepatan shutternya mencapai 1/6000 detik. Sebuah fasilitas yang biasanya dimiliki oleh kamera SLR(d) profesional. Ukuran LCD cukup lebar, yaitu 2,8 inch dan kamera ini telah mendukung format kartu memori SD/SDHC/MMC/MMCplus/HD dan MMCplus.
Harga pasaran di Indonesia berkisar 3,400,000 Rupiah.

Olympus Mju 550WP

Olympus dikenal juga sebagai sebuah merek kamera pocket digital yang mengenalkan fitur anti air untuk beberapa jajaran kameranya. Salah satunya adalah Mju 550WP.
Camdig ini didesain untuk menemani liburan yang lebih menantang. Air dan debu bukan halangan bagi kamera ini, bahkan fitur anti air bukan hanya mampu menahan cipratan air belaka, foto underwater dapat dilakukan sampai dengan kedalaman 3 meter. Jadi mulai dari bermain air di water-boom sampai ber-rafting ria di arus sungai yang deras dapat dilakukan tanpa perlu takut air lagi.

Mju 550WP dilengkapi dengan CCD 10.7 megapixel dengan format gambar 4:3 (3648 x 2736 pixel). Selain itu, kamera ini dapat merekam dengan resolusi 1920 x 1080 pixels (16:9) untuk menampilkan gambar HD, sayang sekali, kemampuan ini tidak dapat dirasakan saat merekam video, karena resolusi maximumnya hanya di 640 x 480 pixels dengan 30 frame per detik.
Lensa dengan 3x zoom atau setara 38-114mm. Sedangkan maximum shutter speed juga hanya sampai 1/1000 second. Walau dirasa masih kurang, tetapi dapat terobati dengan kamampuan photo under water yang tentu saja dapat membuat dokumentasi liburan yang beda dari yang lain.
Harga pasaran untuk kamera ini berkisar di 2.900.000 Rupiah

Panasonic Lumix DMC-FS20

Sepertinya tidak mau ketinggalan dengan mengusung format gambar HD. Panasonic mengeluarkan desain kamera pocket digital terbaru DMC-FS20.
Kamera dengan sensor 10.1 Megapixels ini masih mengusung salah satu lensa terbaik di dunia, Leica DC Vario-Elmar dengan pembesaran 4 kali, atau setara dengan 30 – 120 mm.
Kamera ini memiliki kemampuan ISO Boost sampai dengan 6400, cukup sensitif untuk memotret kegiatan liburan dimalam hari atau didalam ruangan. Walaupun begitu, direkomendasikan untuk menggunakan ISO 800 dan lampu flash, untuk mengurangi effec kasar (grainy) yang timbul pada ISO tinggi.
DMC-FS20 memiliki kemampuan merekam gambar sampai dengan 3648 x 1236 pixels dalam format 4:3 atau 1920 x 1080 pixels dalam format 16:9 yang biasa digunakan dalam format gambar HD.
Untuk merekam video, DMC-FS20 dapat merekam dalam format 848 x 480 pixels (16:9) dalam 30 frame per detik, sudah cukup untuk menonton video dengan kualitas HD-Ready.
LCD dengan ukuran 3″ cukup besar untuk melihat preview atau menonton video liburan. Battery yang digunakan adalah Lithium-ion 3.6V-1000 mAh cukup untuk mengabadikan keceriaan seharian.
Harga pasaran untuk kamera ini berkisar di 2.400.000 Rupiah.

Liburan

Saat ini kamera pocket digital telah mengusung sensor sampai dengan 10 megapixels. Hal ini tentu saja membawa dampak terhadap media penyimpanan. Gunakan memory card dengan kemampuan minimal 4GB, hal ini untuk menghindari kehilangan moment berharga di kegiatan liburan. Apabila berpergian dengan waktu yang cukup lama, dan memutuskan tidak membawa laptop yang dapat digunakan untuk menyimpan file digital, maka sebaiknya membawa lebih dari satu memory sebagai cadangan. Karena harga memory dengan kapasitas besar saat ini sudah semakin terjangkau.

Selamat berlibur.

Hedwigus

2 Comments

  1. harga kameranya mahal banget mas,
    saya juga baru dapet kamera baru (Canon S5IS) 😀 . Tapi saya bli yang 2nd aja.
    blom mampu bli yang baru.

    Hedwig?: S-5 IS itu termasuk kamera yang handal lho.. gak apa-apa 2nd, yang penting motret..

  2. HD dalam kamera pocket bedanya apa sih ama yg ga HD..?

    Hedwig?: Yang perlu diingat, HD itu hanya untuk format Video lho. Kalo still photo berformat HD, artinya resolusinya kurang besar 🙂

Tinggalkan pesan kamu