4

Kontroversi BlackBox Adam Air

Kecelakaan pesawat Boeing 737-400 milik Adam Air di hari pertama tahun 2007 memang sempat menyita waktu saya dengan mengikuti beritanya. Pada tanggal 28 Agustus 2007, sebuah robot selam berhasil mengangkat Flight Data Recorder dan Cockpit Voice Recorder dari dasar perairan Majene, Sulawesi di kedalaman 2000 meter dan kedua benda tersebut ternyata sudah terpisah sejauh 1400 meter.

Flight Data Recorder dan Cockpit Voice Recorder ini yang kadang disebut dengan black box, padahal warnanya oranye.

Seperti biasa, saat sedang nangkring di pos security dekat rumah, seorang security bercerita bahwa dia telah mendengar rekaman black box Adam Air yang jatuh. Saya sempat kaget dan heran, darimana dia bisa mendapat informasi itu. Dari Internet, jawab si security, akhirnya malah kagum, karena si security sekarang sudah akrab dengan internet.

Air Crahs Investigation

Kontroversi

Berita di awal minggu selain masih diisi dengan pembunuhan berantai, ternyata juga diisi dengan berita mengenai keabsahan dari rekaman black box tersebut. KNKT sendiri bahkan seperti kebakaran jenggot karena rekaman tersebut beredar di masyarakat. Banyak pihak yang meragukan keaslian rekaman, tetapi ada pihak yang menganggap rekaman itu asli.
Menurut KNKT, pelaku yang mengedarkan rekaman black box adalah melanggar  Konvensi Chicago Annex 13, Bab 5.12, Butir D, Yang isinya kira-kira berbunyi, Menjaga kerahasiaan isi kotak hitam pesawat terbang yang mengalami kecelakaan.

Bagi saya, beredarnya rekaman black box Adam Air ini hanya membuat para keluarga korban menjadi semakin sedih saja.

Acara Televisi

Salah satu acara televisi yang menjadi favorit saya adalah Air Crash Investigation di National Geography Channel. Sebuah acara yang menyuguhkan detik-detik terakhir dari sebuah kecelakaan pesawat terbang. Mulai dari kecelakaan ringan seperti kerusakan alat navigasi yang tidak menimbulkan korban jiwa, hingga kecelakaan pesawat yang fatal dan mengantar seluruh mahluk hidup di dalam pesawat ke alam baka.

Salah satu yang paling dasyat adalah ketika dua buah jumbo jet pada 27 Maret 1977 di Los Rodeos Airport, Grand Canary Island. KLM dan Pan American dengan pesawat 747 yang sarat penumpang bertabrakan di landasan pacu dan mengakibatkan seluruh penumpang pesawat dan crew nya tewas seketika.

Di dalam acara tersebut, kadang diperlihatkan dialog antara pilot, co-pilot dan air traffic management pada detik-detik terakhir sebelum kecelakaan. Dialog memang tidak memperdengarkan suara asli dari black box, tetapi para aktor yang bermain disana pasti menggunakan script yang diambil dari black box.
Artinya acara televisi tersebut juga telah melanggar Konvensi Chicago, Annex 13. Bahkan dengan jelas sekali karena ditambahkan visual bahkan cukup detail.

Para ahli yang diundang sebagai nara sumber di acara tersebut juga menganalisa penyebab kecelakaan dan juga mitigasi untuk mecegah kejadian yang sama berulang dikemudian hari. Sebuah acara yang menayangkan secara detail kecelakaan serta solusi untuk mencegahnya.

KNKT

Dunia dirgantara Indonesia yang saat ini cukup mendapat tekanan dari pihak asing karena isu keselamatan, tentu saja merasa sangat dirugikan dengan beredarnya rekaman ini. Tetapi seperti acara favorit saya tadi, sebaiknya memang KNKT bekerja serius untuk dapat menemukan akar masalah dari kecelakaan tersebut dan membuat kebijakan tambahan untuk mencegah kecelakaan yang sama kembali terulang dikemudian hari.

Biar saja rekaman itu beredar di masyarakat, toh memang sudah terjadi. Daripada mencari kambing hitam, lebih baik kumpulkan tenaga dan pikiran untuk kebaikan transportasi kita.

Ada yang tahu gak, KNKT ikut ngurusin Angkot gak sih ?

*KNKT: Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

Hedwigus

4 Comments

  1. yang paling penting; ngurus OJEK nggak? di Indonesia banyak banget ojek, ketimbang yang lain2… apakah PLAT MOTOR OJEK perlu diganti ke warna kuning? Hehehehe 🙂
    *just usul*

  2. katanya rekamannya palsu, gak orisinal 🙂 tapi ya gak tau ding, cuma ngeliat di berita tadi begitu 😀

    btw kalo angkot mah urusan dishub sama polisi 😀

  3. hebat satpam kompleks dah bisa browsing internet. Itu mngkn aja wong penjaga gedung kampus saya aja dah bisa maen CS malah ngalahin penjaga lab komputer-nya.

    Tapi klo KNKT ngurusin angkot, aku masih nggak percaya lho..

  4. Ah mana ada sih maling ngaku, eh bukan maling
    dephub GAK AKAN mungkin ngaku itu asli, kalau itu dia bilang asli………………= bunuh diri

Tinggalkan pesan kamu