0

Keseharian dengan Nokia N8

Setidaknya sudah enam bulan terakhir ini, saya menggunakan handset Nokia dengan layar sentuh, yaitu Nokia X6.
Buat saya, sebuah telpon pintar sebaiknya mulai memanfaatkan luas penampang untuk menampilkan sebanyak mungkin informasi dan menghilangkan ‘gerombolan’ tuts keyboard. Karena bagi saya, sudah bukan jamannya lagi untuk membatasi masuknya informasi dan fungsi di sebuah mobile device.

Beberapa saat yang lalu, Nokia kembali meluncurkan produk terbarunya Nokia N8. Sebuah jawaban bagi pengguna telpon selular yang ingin memanfaatkan sebanyak-banyaknya keuntungan yang ada di internet. Semua serba baru termasuk system operasi teranyarnya,?Symbian^3.

Keseharian saya banyak bertemu dengan orang-orang, dan sayapun sering menggunakan transportasi umum untuk bepergian ke banyak lokasi. Saat ini, teman perjalanan saya adalah sebuah telpon pintar dengan sambungan internet, akses A-GPS dan juga sebagai alat hiburan untuk mendengarkan musik-musik kesayangan.

Nokia N8 dengan layar AMOLED 3.5 inchi Nokia N8 dapat menampilkan informasi dengan baik sehingga informasi dapat terbaca atau dinikmati dengan nyaman walaupun kita sedang berdiri diatas kendaraan umum. Navigasi dengan layar sentuh kapasitif memudahkan kita untuk membaca dan menulis pesan-pesan di situs jejaring sosial ataupun di aplikasi instant messaging.

Kadang saya tidak dapat menahan ketawa saat membaca tulisan lucu / joke dari teman-teman di situs jejaring sosial

Navigasi

Beberapa tempat yang harus saya datangi memang masih asing buat saya bahkan di kota Jakarta dimana saya menghabiskan waktu bekerja saya setiap hari. Seringkali saya ‘diselamatkan’ dengan fasilitas A-GPS yang ada telpon pintar saya. Dengan memanfaatkan fasilitas Navigasi yang dilengkapi dengan aplikasi OVI-Map, saya telah menyimpan banyak data PoI (Point of Interest) untuk tempat-tempat yang saya pernah kunjungi. Sehingga saya dapat menggunakan informasi itu dikemudian hari atau mengirim informasi ke rekan lain yang membutuhkan.
Beberapa kali, aplikasi navigasi ini telah membantu supir taxi dari operator terkenal?yang mengatar?dan bener-bener tidak tahu jalan.

Karena saya penggemar kereta api, cita-cita saya adalah menyimpan data koordinat stasion kereta api di Indonesia 🙂

Music

Dengan banyak berada di luar ruang dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain, music adalah satu-satunya hiburan yang dapat seketika menemani saya. Sebuah device dengan media penyimpanan internal sebesar 16 GByte dan slot memory tambahan dengan kapasitas 32 GByte pasti sangat lebih dari cukup untuk menyimpan musik dalam format MP3. Untuk media penyimpanan sebesar itu film adalah hiburan yang dapat kita bawa kemana-mana (tentu saja setelah melalui konversi ke codec yang tepat seperti H.263 HD720p)

Kembali ke music.
Saat mendapatkan Nokia X6 ada sebuah fitur yang tidak biasa dari produsen handphone manapun, yaitu mendownload music secara gratis dari OVI Music Store.
Saya cukup sering melakukan download music dari internet langsung melalui handphone. Dan sepertiya trend kedepan adalah mendapatkan content-content digital dimana saja tanpa perlu menunggu sambungan ke laptop/desktop terlebih dahulu. Kadang saat saya menerima informasi tentang sebuah lagu yang menarik buat saya. Saya langsung mencari, mengunduh dan mendengarkannya setelah siap. Dan itu semua dapat dilakukan dengan smart phone tanpa bantuan device lainnya (saya bahkan jarang menggunakan aplikasi pengatur data lagu milik Nokia yang sudah diinstall didalam laptop saya, karena memang saya lebih suka mengaturnya di handphone)

Tampilan Music Player di Nokia N8 juga mengalami perbaikan dari seri-seri pendahulunya. Saat menampilkan daftar lagu yang tersedia, kita dapat menampilkan sub-menu hanya dengan menahan jari kita di lagu yang diinginkan tanpa harus menekan tombol option terlebih dahulu. Tampilan album art dari setiap lagu juga muncul lebih baik.

Dengan layar sentuh kapasitif, sangat membantu saat melakukan scroll keatas atau kebawah mencari lagu favorit. Dengan sedikit hentakan lembut, layar seolah menggulung keatas atau kebawah seiring dengan arah hentakan. Dan saat melihat lagu favorit, tinggal di tap saja dan layar berhenti bergerak.

Salah satu kelebihan lainnya dari Nokia N8 menurut saya adalah dapat menampilkan apa yang ada dilayar smartphone ke dalam televisi layar datar dengan sambungan HDMI. Selain itu, dengan beberapa perangkat wireless yang mendukung bluetooth seperti wireless keyboard dan remote control dapat melengkapi perangkat kecil ini sehingga seolah kita memiliki sebuah pemutar music dan pemutar video dengan kualitas HD 720p di televisi layar datar.

Nokia N8 telah mengusung teknologi Dolby Digital Plus untuk memutar content video yang mendukung teknologi ini.

Menggunakan speaker internal yang tersedia di dalam telpon pintar memang tidak akan semantab jika menggunakan head-set atau disambungkan ke perangkat hi-fi external. Saya mendengar tidak ada perbedaan yang berarti untuk kualitas speaker internal di Nokia N8, tetapi sekali lagi jarang sekali digunakan bukan.

Format music digital yang didukung adalah MP3, WMA, AAC, eAAC, eAAC+, AMR-NB, AMR-WB, E-AC-3, AC-3 dengan?Bit rate up tp 320 kbps. Saat bosan mendengar koleksi music, saya tinggal menggunakan menu radio dan mendengarkan radio lokal dengan gelombang FM.
Beberapa rekan di Twitter sedang eksis sebagai online stream DJ. Tinggal menambah aplikasi streaming, maka hiburan akan bertambah
Photography
Mengabadikan keseharian melalui photo adalah salah satu hobby saya. Saat browsing sambil mendengar music pilihan atau radio, kadang saya sering menangkap sebuah moment yang sayang jika tidak diabadikan. Nokia N8 dengan sensor 12 Megapixels dan lensa dari merek terkenal Carl-Zeiss dapat diandalkan untuk melakukan hal tersebut. Fungsi kamera memiliki response yang cukup cepat. Hasilnya pun dapat langsung diupload ke situs-situs jejaring sosial populer.
Fungsi perekam video dengan format HD 720p juga dapat digunakan mengabadikan moment-moment penting dalam format video dan juga dapat langsung dishare dengan teman lain melalui situs jejaring sosial.
Lama-lama orang mungkin akan meninggalkan camdig dan beralih ke camera phone
Battery
Kendala dari kegiatan diluar ruang adalah kapasitas battery yang tidak memadai. Jika smartphone selalu mengakses ke internet sambil memutar music, maka dibutuhkan kapasitas battery yang besar dengan dimensi seringan dan setipis mungkin. Nokia N8 membutuhkan?Baterai Li-Ion BL-4D 1.200 mAh untuk dapat menemani keseharian sambil terus tetap aktif.
Banyak yang mengatakan bahwa dimasa yang akan datang, smartphone adalah mobile computing, mengalahkan laptop saat ini. Kemungkinan itu pasti ada, karena smartphone yang ada sekarang sudah jauh lebih maju daripada generasi sebelumnya dan semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan untuk memudahkan kita.

———————–

informasi tentang Nokia N8 ada disini

Hedwigus

Tinggalkan pesan kamu