1

Google? v.s Yahoo? di Telkomsel?

Sebenarnya saya sudah lama menjadi pelanggan setia Telkomsel. Mengalami masa-masa yang cukup menyenangkan walau tarifnya begitu mahal. Selain itu ada hubungan yang cukup baik dengan mereka karena pada pekerjaan sebelumnya banyak berhubungan dengan Telkomsel untuk Value Added Service.

Telkomsel

Sampai suatu ketika saya mendapat tawaran utuk mendapatkan akses GPRS unlimited dari operator lain. Akhirnya aku memilih mendua (mentiga sih sebenarnya sama FREN).
Sejak mendapatkan fasilitas GPRS unlimited, praktis akses data melalui Telkomsel terhenti. Pertimbangan biaya menjadi sebuah pertimbangan yang utama. Jadi saat ini Telkomselku hanya untuk berbicara dan SMS thok, sementara untuk data, ya operator sebelah.. he he he.

Sudah lebih dari dua bulan menikmati layanan GPRS unlimites, sampai akhirnya malam tadi (Selasa 09 September 2007) saat berada di Stasion Juanda sambil menunggu Depex hendak memantau email hedwigus.com melalui TSEL-GPRS.

Yang muncul bukannya menu login seperti biasauan, melainkan sebuah pesan kesalahan “Internal Error in Gateway” wah ada apa dengan Opera Mobile yang biasa aku gunakan?. Berulang kali aku mencoba (gaya Betharia Sonata…. haisyah).. tetapi pesan kesalahan yang terus nongol.

internal error in gateway

Sejenak saya berpikir bahwa ada masalah dengan Opera Mobile. Pindah menggunakan Wap Browser bawaan nokia, dengan mengakses address yang sama. Kali ini yang timbul adala pesan “HTTPS is not Supported”.

https is not supported

Gerangan apakah yang menimpa handsetku. Mungkin saja jaringan GPRS sedang terganggu. Tetapi begitu mengakses detik.com, mail.yahoo.com, kronologger.com tidak ada masalah dan berjalan dengan cukup lancar (Mode 3G ON).

Kembali ke email.
Berkat kemurah hati-an dari Google.com melalui layanan Gmail, layanan email hedwigus.com di host di sana, selain gratis, aku juga mendapat account dengan quota 2GB (sementara dari webhosting cuma diberi 10MB yang dishare dengan WordPress).

Kembali ke Telkomsel.
Ternyata Telkomsel memiliki kerjasama strategis dengan Yahoo melalui YahooGo yang diluncurkan pada 24 Agustus 2007 lalu. Dimana seluruh pelanggan Telkomsel memiliki kesempatan menikmati berbagai layanan Yahoo melalui handset dan jaringan TSEL-GPRS.

Seperti yang sering didengar, bahwa ada gosip yang menyebutkan Yahoo dan Google saling bersaing dengan ketat, bahkan ada yang mengatakan pula bahwa mereka saling memblok email. Apakah karena ini, maka berdampak kepada pelanggan Telkomsel yang memiliki account Gmail atau account email yang di hosting di Gmail.

Sore itu saya sedikit kecewa dengan apa yang terjadi, mudah-mudahan kejadian tersebut hanya masalah teknis belaka yang hanya terjadi di handset saya.
Karena walau bagaimanapun, saya tetap membutuhkan Telkomsel dengan jaringan yang luas termasuk layanan data serta saya juga tetap membutuhkan Gmail, karena telah memberikan ruang yang cukup luas untuk email account personalku.

Hedwigus

One Comment

Tinggalkan pesan kamu