7

Eat Right For Your Type

Sekilas melihat sebuah buku asing milik seorang teman. Awalnya saya pikir itu adalah buku tentang marketing, tapi sebuah kalimat di cover depan yang membuat saya menjadi tertarik untuk melihat, Eat Right ..

Buku setebal 375 halaman ini memuat informasi tentang cara makan yang baik sesuai dengan golongan darah, sepertinya sebuah informasi yang berguna apalagi untuk orang-orang yang sudah berusia diatas 35 tahun agar dapat selalu fit dan dijauhi berbagai macam penyakit.

Menurut buku ini, golongan darah manusia menunjukan susunan kimiawi didalam tubuh. Dan ternyata, hal ini ternyata sangat berpengaruh bagaimana tubuh menyerap nutrisi dari setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.
Ada 4 golongan darah utama yang dikenal, dan masing-masing golongan darah ternyata memiliki cara konsumsi makanan yang berbeda.

Golongan darah O

Golongan ini membutuhkan konsumsi makanan dengan protein tinggi dengan karbohidrat yang rendah, contohnya daging. Selain itu konsumsi gandum dan kancang-kacangan juga tidak boleh terlalu berlebihan.

Golongan darah A

Manusaia dengan golongan darah A sebaiknya menjadi seorang vegetarian, karena golongan ini tidak memerlukan banyak makanan berlemak tetapi cukup dengan karbohidrat. Olahraga yang cukup dan jangan yang terlalu berat. Golongan darah ini memiliki potensi terserang cancer dan penyakit jantung akibat salah mengkonsumsi makanan.

Golongan darah B

Pemilik golongan darah B disarankan untuk menjaga dietnya, dan kurangi konsumi daging. Golongan darah ini disarankan mengkonsumsi susu dan sejenisnya (dairy product). Olahraga berenang dan jalan pagi adalah yang disarankan.
Golongan darah ini berpotensi terserang virus yang mengganggu system syaraf hanya karena salah mengkonsumi makanan.

Golongan darah AB

Golongan darah ini memiliki semua kelebihan dan kekurangan golongan darah A dan B. Sudah menjadi vegetarian, tetap harus menjaga dietnya.

Boleh percaya boleh tidak, tetapi buku ini cukup menarik untuk disimak, dan akhirnya saya sendiri mulai memilih-milih makanan sesuai dengan golongan darah saya. Mudah-mudahan selain bisa lebih irit beli makanan juga dapat menjaga kesehatan.

—————————
gambar milik allwellbeing.com

Hedwigus

7 Comments

  1. Tapi gimana… kalo saia gak tau golongan darah saia apa πŸ˜›

    Hedwig?: mesti ke lab dulu dong… atau sekalian donor darah.. pasti nanti ketahuan golongan darahnya πŸ™‚

  2. golongan darah ku B trus ku seringa banget makan bawang putih, akibatya apa kalo seringa makan bawang bawang putih………..

Tinggalkan pesan kamu