5

Dirubung Laron

Semalam, setelah lelah kongkow di pos security dekat rumah dan saat kembali ke rumah saya melihat ada sesuatu yang aneh yang terjadi di ruang tamu saya yang kecil.
Tampak dari luar, seperti ada bayangan hitam di dalam rumah saat saya hendak masuk ke dalam rumah. Segera saya buka pintu dan wak! ruang tamuku dirubung laron.

Segera saya buka pintu selebarnya dan mematikan lampu di dalam rumah, harapannya agar laron-laron yang bodoh itu segera keluar dan merubung lampu diatas car-port.
Mungkin ada ratusan laron yang tiba-tiba berbondong-bondong melintas pintu menuju lampu di luar. Beberapa dari mereka bahkan berjatuhan mengotori lantai. Sementara di dinding beberapa ekor cicak tampak girang menangkapi laron-laron yang hinggap di dinding, mungkin laronnya kecapekan terbang.

Tadi malam terpaksa saya menyapu lantai ruang tamu yang kotor oleh potongan sayap dan tubuh-tubuh laron yang berjatuhan, belum lagi yang nyangkut di korden dan jendela.

Kata orang-orang, itu tanda bahwa rumah saya sudah terkena serangan rayap. Walah gerombolan serangga yang sukanya merusak kayu, gara-gara mereka suka sekali dengan selulosa yang ada di dalam kayu.

Rayap

Rayap

Sekarang punya PR baru, nyari pawang rayap, agar ruang tamu enggak dirubung laron lagi… males nyapunya.

Hedwigus

5 Comments

  1. eh bos klo laron n rayap sama ga???

    Hedwig?: Laron = Rayap Bersayap, jadi jika ada laron, dipastikan disekitar situ terdapat koloni rayap

  2. Laron adalah rayap jantan & betina yang siap bereproduksi dan membentuk koloni baru. Proses keluarnya rayap dari tempat persembunyiaannya secara massal disebut juga swarming, yang terjadi ketika ada perubahan cuaca, perubahan geologi maupun suhu udara. Jadi, yang sering muncul di indonesia, proses swarming ini ketika hujan turun, atau awal musim penghujan. Sesuai rancangan genetisnya, sesudah mereka dewasa rayap betina dan rayap jantan mencari pasangannya masing-masing dan sesudahnya mereka akan mencari tempat yang cocok untuk berkembang biak. Berhubung makanan rayap adalah selulosa kayu, maka tidak heran, mereka akan masuk dalam lemari, kusen pintu dan tempat lainnya. Karena sesuai dengan kebiasaan rayap yang suka mencari makan secara acak, jadilah rumah kita dikeroposin disana-sini. Dan si rayap sendiri berkoloni dibawah tanah.
    Jadi sebenernya mereka sudah sempat hidup cukup lama sebagai rayap (ya dalam hitungan tahun rayap)
    Yang tidak bertemu dengan pasangannya, atau tidak menemukan lubang kembali ke sarangnya atau tempat buat berteduh, ya habis tenaganya setelah pagi datang, pasangan jantan & betina yang sukses, terus kawin dan bertelor, betinanya bakal jadi ratu di koloni barunya… itu kalo sarangnya tidak keburu dibersihin atau di tumpas dengan methode penyuntikan, atau kami sering menyebut : TFP (Termite Full Proofing) atau CBS (Chemical Barrier System).

    Ok, sekian informasi sepintas dari REMPEST
    http://www.remapest.com
    http://www.ahlinya-rayap.co.cc

    Dapatkan TIPS menarik menanggulangi rayap dari website kami.

  3. Yap..laron emang mengganggu banget bro,,,tapi tidak lepas bakalan datang jika musim ujan tiba,,just turn off your lamp lah…laron kan paling anti ma terang…

    Hedwig?: Biasanya memang lampu halaman dimatikan, tetapi di depan rumah ada lampu PJU… jadi laron tetep kumpul 🙂

Tinggalkan pesan kamu