1

Fun with home-made budget

Setelah didera kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu, akhirnya saya menerima dampaknya juga. Bukan berarti kemarin tidak berdampak, tetapi pada titik ini, ternyata saya harus melakukan perubahan anggaran belanja negara rumah tangga.

Sebelum mencanangkan anggaran belanja yang baru, ada beberapa hal yang saya coba lakukan, yaitu:

Lebih focus dalam menyiapkan tabungan
Saya coba untuk selalu menabung dari setiap penghasilan bulanan yang kadang ada kadang enggak. Tidak ada percentage yang ditetapkan, tetapi yang penting selalu ada yang disihkan (bukan disisakan) untuk disimpan.

Saya akhirnya berhasil membuka account baru yang tidak dilengkapi ATM untuk menjaga dana yang tersimpan.

Mengurangi pengeluaran gak penting
Sudah lama gak karaoke (kecuali ditraktir) dan golf. Kemana-mana bawa minum air putih sendiri dan berhenti merokok. Setidaknya ada sesuatu yang dihemat.

Pake uang cash
Setiap minggu selalu menyediakan uang cash yang kira-kira cukup digunakan untuk semua kebutuhan rumah tangga selama satu minggu. Mengurangi penggunaan ATM untuk membayar, selain berpotensi lebih boros, isi account di ATM juga gak banyak-banyak banget.

Lunasi utang kartu kredit
Punya kartu kredit memang berasa gaya, kemana-mana tinggal gesek. Saya akhirnya berhasil melunasi hutang di kartu kredit yang untungnya tidak banyak. Selain mengurangi kewajiban, juga menghindari telepon dari debt collector yang sok galak.
Kalo punya lebih dari satu kartu kredit, mending tutup aja dan pilih salah satu yang paling banyak ngasih bonus dan cash back rewards.

Analisa setiap pengeluaran
Saya mencoba menganalisa pengeluaran saya setiap minggunya. Dulu waktu masih kerja kantoran, pengeluaran paling besar adalah transport. Saya selalu menggunakan sepeda motor untuk pergi ke stasion kereta api dan naik kereta api ke jakarta, kemudian jalan kaki ke kantor (kalo kantornya deket stasion).
Pengeluaran saya yang terbanyak adalah membeli makanan dan minuman.

Sementara untuk pengeluaran untuk internet dan telepon masih dapat dijaga, karena kedua fitur itu adalah perangkat kerja saya saat ini.

Simpan setiap tanda terima
Dengan menyimpan tanda terima, saya berusaha menemukan selisih harga-harga barang dari waktu ke waktu. Tujuannya agar saya memiliki referensi sumber termurah untuk setiap barang yang saya butuhkan.

Flexibel
Walau sudah dijaga kiri kanan atas bawah, saya masih dapat secara flexibel untuk melebihi anggaran belanja. Tetapi saya juga punya konsekwensi untuk memperbaiki di waktu berikutnya. Yang penting seluruh pengeluaran (expense) tidak terpaut jauh dengan anggaran belanja yang telah saya buat sendiri.

Oh iya, komponen paling penting dalam pembuatan anggaran belanja selain perencanaan adalah income alias pemasukan, jadi tanpa pemasukan, ya gak ada anggaran belanja.

*gambar dari google

Hedwigus

One Comment

  1. ini baru mantep, gw sepakat bro, musti managemen budget, ah gw jadikan bacaan rekomended minggu ini!

    Hedwig?: Thanks Kang

Tinggalkan pesan kamu