24

Ayah tukang bohong

Setiap hari, para miss (teacher) di sekolah anak-anakku selalu membuat laporan tertulis mengenai segala sepak terjang anak-anak selama berada di sekolah seharian.

Biasanya laporan menyebutkan progress belajar, seperti sudah bisa menarik garis lurus, membuat lingkaran, mengenal angka, menghitung sampai dengan membaca.
TetapiΒ  minggu iniΒ  progress report berbicara sesuatu yang lain. Anak-anak menyebut ayahnya tukang bohong !.

Berbohong

Berbohong bisa dipastikan selalu dilakukan oleh setiap orang. Bahkan ada yang bilang “kadang kita berbohong untuk kebaikan”.
Contoh: saat anak-anak minta ice cream di saat musim penghujan agar tidak terkena flu, kadang kita menenangkan mereka dengan mengatakan bahwa ice cream sudah habis atau tidak dijual, berbohong khan, karena di gerai ice cream masih tersedia dengan berbagai rasa dan dijual pula.

Kembali ke progress report

Saat ditanya kepada mereka, mengapa disebutkan ayahnya tukang bohong, mereka berkata bahwa pagi-pagi ayahnya suka berkata mau pergi ke mall, padahal pake baju kantor, jadi gak mungkin ke mall, padahal konteksnya hanya bercanda dan menggoda mereka. Tetapi hasil akhirnya adalah mereka menyimpulkan ayahnya tukang berbohong.

Bagi mereka, untuk bepergian ke mall, pakaian yang digunakan ayahnya adalah celana pendek dan t-shirt bukan celana panjang dan kemeja lengan panjang.

Banyak orang pintar yang mengatakan bahwa anak kecil bagaikan sebuah kerta putih bersih yang dapat kotor oleh coret-coretan, yang dapat berarti baik maupun buruk.
Mereka dengan santainya bisa memanggil saya dengan sebutan ayah bothak (padahal cepak), sebuah panggilan yang terus terang tidak berani saya tujukan kepada ayah saya.

Ternyata sesederhana perbuatan yang saya lakukan dapat menjadi sebuah masukan bagi anak-anak. Jika ternyata saya berlaku kasar, mungkin mereka akan terimbas untuk berbuat kasar selain menjadi takut kepada ayahnya. Sebuah tindakan yang hati-hati mungkin harus banyak saya lakukan agar mereka tidak menafsirkan secara salah. Dan komunikasi yang baik secara dua arah memang harus selalu dilakukan agar kesalah-pahaman antara ayah dan anak tidak banyak terjadi.

Hari ini, tidak adal lagi tulisan ayah tukang bohong di progress report tetapi ada lagi sebuah tulisan yang membuatku tertawa terbahak-bahak, yaitu: “Theo mau ayah membelikan honda jazz warna pink”.

Hedwigus

24 Comments

  1. Iya juga ya mas… kadang sering kali kita fokus mendidik anak tapi lupa mendidik diri sendiri πŸ™ . Ngajarin anak supaya nggak bohong, eh ortunya malah sering bohongin terang-terangan.

    Kalau udah begini jadi takut punya anak πŸ™ takut nggak bisa didik, lebih takut lagi kalau minta dibeliin honda jazz *gubrakkzz*

  2. Masa ke mall pake celana pendek + t-shirt? Masuk angin dong…. dingin.

    Hedwig?: gak juga sih.. ketutup lemak :p

  3. Honda Jazz warna pink … boleh juga seleranya, tapi alamat ayahnya jadi tukang bohong lagi ini πŸ˜€

    Hedwig?: Ndak bohong koq, sudah bilang, bahwa duit ayahnya masih kurang buat beli Pinky Jazz

  4. anak-anak sekarang cenderung menyerap informasi lebih cepat dari pada kita dijaman dulu, selain karena media televisi kadang lingkungan sekitar dia turut serta membentuk karekter anak. kalo jaman kita dulu mungkin kalo kita bilang papa botak keknya ada sandal yg bakal melayang πŸ˜›

  5. wah, anaknya pinter bener…
    bener tuh, mas, harus hati-hati dalam bertindak…
    biasanya mereka kritis πŸ˜‰

  6. waktu ponakanku berumur 2 th, saat nanyain ibunya, aku selalu ngejawab : mama pipis. pdhl mamanya sedang ke warung.

    trus pas mamanya beneran pipis, ponakanku gak percaya. sejak itu, gak pernah boong sama sekali !

  7. waduh kok minta honda sich.. sekalian minta ferari aja gitu.. lebih ok lageeee…

    Hedwig?: Untung teman sekolahnya bercerita tentang honda jazz baru ibunya. Kalo ceritanya Ferrari mungkin mintanya Ferrari :p

  8. Benar juga. Mendidik anak itu gampang-gampang susah. Tapi saya belum pernah berfikir punya anak. Masih kecil sih.

  9. Apa yang dilihat dan yang didengar Anak dicatat betul dalam otaknya. Kalau kita salah ngomong, bisa bahaya.
    Jadi, kita memang harus hati-hati bila bicara dengan anak kita.
    Misalnya, kalau anak lagi nangis, terus ditakut-takuti kalau di tempat gelap itu ada setan, pasti kelak ia akan jadi anak penakut. πŸ˜›

    Hedwig?: Memang menakut-nakuti mereka dengan cerita seram malah membuat mereka semakin takut. Saat mereka menangis, saya kadang mengajak ngobrol sesuatu yang mereka suka, misalnya rumah eyangnya. Sering mereka lupa menangis malah dan menjawab setiap pertanyaan.

  10. cara terbaik berkomunikasi dgn anak adalah berbicara jujur. itu yg saya pelajari selama 3 thun mengajar anak2 pra sekolah. krena anak2 itu serupa dgn orang dewasa hanya packagingnya saja yg berbeda πŸ˜€

    Hedwig?: Basic Communication, Jujur

  11. “Theo mau ayah parkir sepur jambon di depan rumah….” πŸ˜›

    Hedwig?: Artinya sama aja sama bikin stasion πŸ™‚

Tinggalkan pesan kamu