Keinginan untuk mengganti EOS500 ku yang masih analog ke kamera Digital SLR sebenarnya sudah menjadi cita-cita setidaknya 3 tahun belakang ini. Ya, sejak 2004 lalu, saya memang ingin sekali memiliki sebuah Digital SLR yang dapat menemani setiap kegiatan mblusukan ngejar kereta api.

Akhir bulan ini juga sebenarnya niatan tersebut sudah hampir dilaksanakan 99.999%, yaitu dengan membeli Canon EOS 400D. Digital SLR dengan harga yang cukup terjangkau. Banyak yang menyarankan untuk loncat sekalian ke EOS 40D, tetapi lagi-lagi budget adalah segalanya, perbedaan 2 Juta Rupiah dapat mempengaruhi hidup saya sehari-hari.

Bulan Januari sudah mulai memasuki penghujung bulan, berarti tanda waktu bagi saya untuk melaksanakan cita-cita yang sudah 3 tahun tertunda siap untuk direalisasikan, sampai pagi ini saat membuka www.dpreview.com.

Canon 450D / XSi: What’s new and changed
Sebuah artikel di dpreview yang menyebutkan sebuah kamera keluaran terbaru Canon EOS 450D. Walah, kondisi yang membuat angan-angan saya langsung berantakan. Mengapa sih Canon harus mengeluarkan benda ini di bulan-bulan ini, bukannya bulan lalu.

EOS 450D vs EOS 400D

Bagiku Digital SLR adalah sebuah gadget yang sarat dengan teknologi seperti handphone atau gadget lainnya. Sebuah perangkat teknologi yang begitu cepat berevolusi menjadi sesuatu yang lebih baik dan sarat fasilitas.
Bagiku EOS 400D adalah sebuah inovasi yang baik dari seri sebelumnya EOS 300D/350D, tetapi begitu keluar EOS 450D, saya langsung beranggapan bahwa EOS 400D adalah benda usang. Jadi saat ini jika saya membeli EOS 400D sementara “adiknya” EOS 450D telah memasuki pasaran adalah sama dengan membeli barang bekas, padahal EOS 400D banyak mendapat pujian karena fasiltas dan kehandalannya

Saya bukan seorang photographer handal, saya hanya railfan photographer yang doyan motretin sepur.

Berikut ini adalah fasilitas yang ditawarkan oleh EOS 450D

  • 12.2 megapixel CMOS sensor
  • SD/SDHC cards
  • Larger viewfinder
  • Live view mode, including contrast-detect AF
  • Improved 9-point AF system
  • Spot metering
  • 3.0″ LCD monitor
  • Redesigned menus (including My Menu as seen in 40D)
  • Slightly redesigned info display
  • Continuous shooting at 3.5fps for up to 53 JPEG (6 RAW)
  • ISO setting displays in viewfinder and ISO button
  • New, larger, higher capacity battery
  • 14 bit A/D converter and processing
  • Multi-shot self-timer mode
  • Highlight Tone Priority (from 40D)
  • Auto Lighting Optimiser (boosts shadows after shooting)
  • Redesigned battery grip (BG-E5)

Fasilitas yang ditawarkan memang lebih dari yang dimiliki oleh EOS 400D hal ini membuat cita-cita saya kembali tertunda, setidaknya saat Canon di Indonesia mempublish harga jualnya, yang semoga harganya sama dengan EOS 400D saat ini.

Street Price Canon EOS 400D di Jakarta berkisar antara 5.000.000 hingga 5.200.000 Rupiah.

41 Thoughts on “EOS 450D menunda cita-citaku

  1. Hobi fotografi juga. Sama Dong, Tapi saya belum merencanakan untuk membeli DSLR, karena masih ada punya kantor, Nikon D70s sama EOS 350D. Salam.

  2. setiap kali lihat kamera DSLR saya selalu ngiler, pingin banget punya. saya juga suka banget kereta api lho, biasa naik gajayana malang-jkt

  3. wah, sebenarnya ngiler juga sih aku, hehehehehe :lol: tapi kocek sebanyak itu juga akan membikin kebutuhan yang lain yang lebih penting jadi ngabek, hiks. terpaksa deh pakek olympus butut yang harganya dulu ndak lebih dari 1,5 jutaan. masih bisa utk motret2 dg kualitas seadanya.

  4. wadowww.. jd pengen deh..

    Saya bukan seorang photographer handal, saya hanya railfan photographer yang doyan motretin sepur.

    LHo.. apa bedanya sama fotografer mas?

  5. jd pengen jg punya’…
    pi hny sekedar wat narzis :))

  6. mas Hed ini potografer yak…?
    poto’in aku donk untuk bikin KTP…. bisa gak…?

    *dilempar kamera*

  7. kmrn beli eos 400D mu brp Bung? di mana?

  8. Hiks, pengen juga euy, cuma masih bingung nih…apalagi kalau bukan karena nggak ada budgetnya :))

  9. Ah, saya juga pengen punya kamera nih, digital yang biasa-biasa gitu berapa yah kira-kira…

    *lah, malah tanya harga :D

  10. Jadi minder karena sekarang cuma make yang punya kamera aja udah gaya. Pas ngelihat yang diatas, aduh mak ….

    *kayanya minjam dulu punya kantor neh :evil: *

  11. Mau tau dong beli 400 D di mana, dan sekarang harga pasarannya berapa? mau coba2 belajar moto nih hehehehe

  12. sama nih… deg-degan nunggu harga resminya… ^_^

  13. aku ndak punya kamera di henpon aja ndak sombong tuh… wakakaks… minjem henpon Hedwig aja kalo buat nge-Kron :-P

  14. wew… SLR pan mahal :((
    aku aja camdig baru kebeli :D hihi.. masih cinta sama camdig :D hihi…

  15. nanti muncul canon EOS 475D gak jadi beli EOS 450D

  16. wechh..suka fotografi juga toch mas…
    sama dunk…coba yg NIKON D40 ato yg D40 X dibawah 5 jt koq…
    sorry rada promosi..tp gw gk dibayar ma nikon….:)

    he he he, bukan promosi juga, tapi asli kecewa dengan performance Nikon D40/D40x

  17. wahhhhh…. kayak nya aku bakalan berubah pikiran juga nie…jadi ragu nie pilih canon eos 400d atau 450d…padahal udah di niatin mo beli canon eos 400nya….bingung bossss

    Kalo sudah niat, mendingan EOS 400D. Daripada nunggu EOS 450D mungkin masih Maret 2008an

  18. paling dipasaran baru muncul bulan – bulan maret itu jg harganya pasti mendekati 40D..tp gpp sih kl mau sabar menunggu..

    Ada yang bilang streetprice EOS 450D sekitar USD 799

  19. aryk on 9-February-2008 at 15:46 said:

    klo saya tetep mo beli 400D, tapi yang second aja, klo ada info kasih tau ya

  20. DSLR.. hmmm…Keinginan yang masih harus ditunda dulu.

    Sementara masih pake pocket camera digital yang sudah agak ketinggalan, yang he saat bebersih bandung kemarin kehujanan dan …koq kadang jadi suka macet..

    Mungkin kemasukan air, jadi komponen mekanisnya mungkin ada yang berkarat

  21. indra on 21-February-2008 at 01:20 said:

    Sy mau jual EOS 400D Kit, baru 2 bln pake, udh sm lens 18-55mm, CF Sandisk Extreme III 2gb, Filter Hoya HMC Multi Coated UV, Tas Lowepro Apex 110 All Weather (ada raincoatnya), Screen Protector, Rubber hood jg. Klo minat bs hub di : 021-99646234. Harga sudah pasti lebih murah drpd beli baru, namun dapat barang yang kondisinya persis seperti baru! tawaran menarik bukan!

  22. Kaka on 4-March-2008 at 18:11 said:

    List price (US) • Body only: $799
    • Kit: $899 (with 18-55 mm IS lens)

    List price (EU) • Body only: €749
    • Kit: €849 (with 18-55 mm IS lens)

    Harga dari dpreview

  23. Assalaamu ‘alaikum. Bang, ane juga mau beli kamera. Tadinya udah kepincut sama 400D. yang kit di Bandung harganya 5.600.000 plus 1 GB. Kalau yang 450D kayaknya udah IS ya? Kalo ada yang mau jual second SLR, ane minat. Gak harus canon… :D

  24. ambil aja bos…. *eh udeh belom??* tar nunggu 450D eh tiba tiba keluar yang baru lagi..yah kagak jadi beli beli deh…. hhe..

  25. sama mas, sy juga masih make eos500n, lengkap dgn BP8..

    belum juga beralih ke DSLR, paling minjem aja pny temen kadang2…

    Hedwig™: Memang EOS500 harus dipasang BP-8, biar enak digenggamnya :)

  26. samma dech jalan hidupmu dengan ku… :D btw, kl bp8 itu masuk ga seeh di eos 88QD or eos 3000ku?? Kl sama bisa dicari dmn? dan harganya berapa yach?? :)

    Hedwig™: Aduh kalo kompatiblenya gak tahu juga sih, coba deh cari di jpckemang.com

  27. boz….
    yg gw bingungin

    bgsn mana 450d m 40d

    coz 450d msh plastik
    kl 40d dh magnesium alloy…

    tp…..
    450d 12.1mpx
    sdgkn 40d 10.1mpx

    kmrn dh mau bli yg 40d tp ad 450d

    jd bgg

    solusina boz….

    Hedwig™: Terus terang, begitu megang 40D.. langsung jatuh cinta, padahal baru megang belum make. Masalah Megapixels bisa terobati dengan performance nya yang oke banget..
    450D bukan tandingannya.

  28. ggl on 11-July-2008 at 19:39 said:

    thx bgt boz……

    Hedwig™: your welcome

  29. atarona on 1-August-2008 at 23:06 said:

    ada yang tau nggak tempa t jual canon 450d yang murah

  30. fap samodra on 2-September-2008 at 03:08 said:

    Halo…aku baru aja beli 450d di Bangkok harganya 2750 BAHT (1 Baht=260 Rp)…barangnya ok buat non profesional kayak aku..

  31. fap samodra on 2-September-2008 at 03:09 said:

    soriii…ralat..harganya 27500 Baht…

  32. @fap samodra : wah kalo harga 27.500 baht gak beda jauh dengan di mangga2mall yach, kemarin cek harga 450D + kit kena 7,3 juta garansi resmi datascript

  33. Saya juga pengen punya digital SLR buat belajar…krn budget pas-pasan…maka cukup canon400d aja…gimana pak hed jd ambil yg apa

    Hedwig™: C450D :) daripada nongol yang lain, terus cuman bisa ngayal dowang he he he

  34. hilman on 26-September-2008 at 01:26 said:

    bos, kalau ada canon 350d kit tawarin saya ya.. lagi nyari nih hehe.. maaf numpang nulis

  35. Amirudin on 18-January-2009 at 17:49 said:

    ada ga ya komunitas fotografer di bogor.

    Hedwig™: Di fotografer.net banyak koq yang tinggal di Bogor

  36. garong on 22-July-2009 at 16:20 said:

    hai…
    450D memang memberikan aspirasi.tapi sekarng dah nongol lagi 500D
    jadi ingin beli nie…..

    Hedwig™: He he he.. langsung aja beli sekarang.. daripada nyesel nantinya :)

  37. amadamie on 17-April-2010 at 22:13 said:

    saya aja mau cari second2 aja susah bgt ni? cari dmn ye?

  38. santoso on 15-June-2010 at 00:10 said:

    ada nh eos 400d second barang 95%. g mau jual..

  39. santoso on 15-June-2010 at 00:12 said:

    canon eos 400d kit, 2 batre n vertikal grip.. (kondisi mulus 95 %)
    hubungi 08997509989 (santoso)

  40. WAh kalau sudah ngomongin DSLR menggugah kerinduanku pada dunia fotografi. Kamera lamaku tak dapat diperbaiki (SLR) dan tinggal kenangan, semoga dapat keturutan punya DSLR.

  41. Pingback: Canon 7D

Tinggalkan pesan kamu

Post Navigation