3

Interest Rate Reduction

Pagi ini di rumah sangat sepi, anakku yang besar sudah pergi ke sekolah sementara si kecil menyusul 2 jam kemudian. Suasana di Depok cukup mendung dan hawa dingin masih terasa walau jam telah menunjukan pukul 10 pagi. Karena situasi di rumah sangat sepi, begitu juga dengan kondisi di para tetanga yang juga sepi (sebelah kiri tanah kosong dan ilalang, sebelah kanan pergi ke kantor semua, sebelah depan bukit dengan kebun singkongnya), akhirnya saya bekerja dengan ditemani alunan dari Album Falling Into Infinity punyanya Dream Theater.
Seperti kembali ke masa lalu, muter heavy metal sekeras-kerasnya.

Sampai akhirnya waktu menunjukan jam 11:50, waktunya untuk jemput anak-anak ke sekolah, karena tadi pagi sudah berjanji untuk jemput mereka.

Di luar sebelum masuk ke mobil, melihat ada amplop putih tergeletak di kursi depan, ada logo Arta Graha di depannya. Wah ada apa lagi ini ya ?.

Arta Graha adalah bank yang terpaksa saya gunakan untuk membiayai pembelian rumah saya alias KPR.

Seingatku 3 bulan yang lalu saya telah mengirim surat permohonan penurunan bunga KPR dari 18% p.a menjadi 10% p.a, yang saat itu jelas-jelas ditolak mentah-mentah oleh mereka, dan akhirnya memang bunga KPR saya diturunkan menjadi 15% p.a.
Tapi sekarang koq ada surat lagi dari Arta Graha !

Bank Arta Graha

Sambil memanaskan mobil, saya membaca isi suratnya dan ternyata saya mendapatkan reduksi bunga KPR dari 15% p.a menjadi 14% p.a. Wah hebat juga nih Arta Graha, jika sebelumnya saya dibebankan bunga KPR 18% p.a selama kurang lebih 2 tahun (sebelumnya bahkan pernah mencapai 21% !) dan diturunkan menjadi 15% p.a itu juga setelah diminta, sekarang Arta Graha berinisiatif menurunkan kembali bunga KPR menjadi 14% p.a.

14% bagi saya mungkin masih terlalu tinggi, karena bank lain menawarkan jauh di bawah itu. Solusinya mungkin adalah memindahkan KPR ke bank lain dengan bunga KPR yang lebih rendah.
Tetapi memindahkan kredit ke bank lain bukanlah hal yang mudah, setidaknya ada effort yang harus dilakukan. Kepastian akan surat-surat tanah seperti SHM, SHGB, PBB, BPHTB. Dan juga harus memiliki IMB, setidaknya IMB bentuk bangunan asli, tetapi beberapa bank mensyaratkan IMB dengan bentuk bangunan terkini jika sudah pernah dilakukan renovasi. Setelah itu melakukan akad kredit lagi dan seterusnya.

Hari ini saya sangat bersyukur karena Arta Graha menurunkan bunga KPR saya, walau kewajiban setiap bulan hanya turun sekian puluh ribu saja, bersyukur karena tanpa perlu diminta sudah menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada.

Sampai di sekolah, anakku yang besar sudah angop-angopan, dan yang kecil sudah tidur pules

Hedwigus

3 Comments

  1. siang pak hedwgus, minta sharing dunk pengalaman pakai kpr bank artha graha. Liat berita bank ini skrg lg ngasih bunga kpr miring bgt 🙂 thx ya

Tinggalkan pesan kamu